Implementasi keuangan inklusif dalam permberdayaan pelaku usaha pada Bank Wakaf Mikro Al-Fithrah Wava Mandiri Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chikmiyah, Rahma Jaziyatul (2021) Implementasi keuangan inklusif dalam permberdayaan pelaku usaha pada Bank Wakaf Mikro Al-Fithrah Wava Mandiri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahma Jaziyatul Chikmiyah_G04217054.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan yaitu lima ketua kelompok halaqah mingguan (HALMI) serta manager dan sekretaris dari Bank Wakaf Mikro Al-Fithrah. Hasil penelitian menunjukan Bank Wakaf Mikro Al-Fithrah mewujudkan pemberdayaan dengan implementasi keuangan inklusif yaitu menyediakan akses layanan keuangan yang dapat dijangkau seluruh lapisan masyarakat khususnya in the bottom pyramid. Implementasi keuangan inklusif ini diwujudkan melalui program pembiayaan mikro syariah dan pendampingan usaha atau halaqah mingguan (HALMI). Dalam aspek akses dan penggunaan diimplementasikan dengan baik melihat keterjangkauan fisik dan harga serta baiknya frekuensi penggunaan nasabah. Pada aspek kualitas, variasi produk diperlukan agar kebutuhan modal nasabah yang berbeda dapat terpenuhi. Implementasi ini berdampak pada peningkatan kesejahteraan nasabah dengan adanya peningkatan pendapatan dan kemampuan mengelola dana pendidikan dan kesehatan. Peningkatan kesejahteraan ini mewujudkan tujuan pemberdayaan yaitu mengembangkan UMKM menjadi usaha yang tangguh dan mandiri, peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan. Sejalan dengan kesimpulan diatas, implementasi keuangan inklusif yang diwujudkan dengan adanya ketersediaan akses keuangan Bank Wakaf Mikro Al-Fithrah terhadap pelaku usaha berdampak pada peningkatan literasi keuangan syariah nasabah. Sehingga, meskipun pelaku usaha berada di level mikro, adanya literasi keuangan syariah ini tentu dapat meningkatkan inklusi keuangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chikmiyah, Rahma Jaziyatulrahmaajaziyatul@gmail.comG04217054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id122101809889
Subjects: Ekonomi Islam
Pemberdayaan
Keuangan
Keywords: Keuangan Inklusif; Pemberdayaan Pelaku Usaha; Bank Wakaf Mikro.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rahma Jaziyatul Chikmiyah
Date Deposited: 12 Jul 2021 14:47
Last Modified: 12 Jul 2021 14:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48382

Actions (login required)

View Item View Item