Strategi kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam mengembangkan sumber daya manusia di SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baidhowi, Harlina Reny (2021) Strategi kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam mengembangkan sumber daya manusia di SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Harlina Reny Baidhowi_D03217016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam mengembangkan sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan model pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Strategi yang digunakan oleh kepala sekolah di SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo adalah mengadakan workshop internal rutin 8x selama 1 tahun, melakukan supervisi 2x dalam 1 tahun, memberi dukungan, motivasi dan arahan untuk seluruh guru dan tenaga kependidikan untuk mengikuti pengembangan diri, memberikan uang saku atau transport, memfasilitasi keperluan yang dibutuhkan untuk kegiatan pengembangan SDM, memberi informasi dan kesempatan untuk seluruh SDM agar mengikuti pengembangan diri, mengizinkan bagi guru dan tenaga kependidikan yang ingin kuliah lanjut, strategi bergilir dan strategi evaluasi artinya membuat laporan secara tertulis. Kualitas sumber daya manusia di sini tergolong baik salah satu cirinya yaitu mampu menciptakan lingkungan yang kondusif dan kompak, para guru memiliki kompetensi dan kualifikasi sesuai dengan apa yang diajarkan. Guru-guru disini mampu mengaplikasikan kurikulum sekolah yang unggul, bisa mengelola kelas dengan baik, juga sumber daya manusia disini memiliki motivasi dan semangat. Beberapa kegiatan pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan merupakan contoh bahwa kualitas sumber daya manusia di sekolah ini tergolong baik karena banyak yang mengikuti pengembangan diri dan meraih banyak prestasi. Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan sumber daya manusia sangat berdampak bagi guru dan tenaga kependidikan. Dampak bagi guru dan tenaga kependidikan antara lain: mendapatkan ilmu baru, relasi dengan teman lainnya, dan juga pengalaman yang sangat berharga. Karena dengan mengikuti pengembangan diri mereka memiliki ilmu dan kompetensi yang sehingga banyak guru yang menjadi finalis dan juara dalam olimpiade dan lomba-lomba. Hasil dari pengembangan diri dapat diimplementasikan dalam pembelajaran, meningkatkan kemampuan serta kompetensi sebagai pendidik dan dapat diinformasikan ke teman guru sejawat, serta dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi mengajar secara keseluruhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baidhowi, Harlina Renyharlinarb@gmail.comD03217016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.id2011036701
Thesis advisorRifa'i, Muh. Khoirulrifa'i@uinsby.ac.id2012078201
Subjects: Sumber Daya Manusia
Kepemimpinan
Keywords: Strategi; Pengembangan; Sumber Daya Manusia.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harlina Reny Baidhowi
Date Deposited: 15 Jul 2021 05:14
Last Modified: 15 Jul 2021 05:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48400

Actions (login required)

View Item View Item