Manajemen peningkatan kualitas kelembagaan di pondok pesantren Al-Jihad Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurvitasari, Mayta (2021) Manajemen peningkatan kualitas kelembagaan di pondok pesantren Al-Jihad Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mayta Nurvitasari_D93214061.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi berjudul “Manajemen Peningkatan Kualitas Kelembagaan Di Pondok Pesantren Al-Jihad Surabaya” ini dilatar belakangi adanya Pondok Pesantren Al-Jihad yang tampil sebagai lembaga yang melahirkan santri yang professional, yang memiliki kemampuan iman taqwa dan juga sekaligus dibekali ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mamaparkan manajemen peningkatan kualitas kelembagaan di pondok pesantren Al-Jihad Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian yang pertama adalah tujuan manajemen peningkatan kualitas kelembagaan di pondok pesantren Al-Jihad Surabaya, kedua langkah-langkah dalam manajemen peningkatan kualitas kelembagaan di pondok pesantren Al-Jihad Surabaya, ketiga adalah faktor pendukung dan penghambat manajemen peningkatan kualitas kelembagaan di pondok pesantren Al-Jihad Surabaya. Sehingga, Tujuan manajemen peningkatan kualitas kelembagaan di pondok pesantren Al-Jihad Surabaya adalah untuk meningkatkan kualitas pondok pesantren dari segala aspek, baik dari segi aspek pembelajaran, sumber daya manusia, pendanaan, administrasi, serta aspek sarana dan prasarana. Meningkatkan kualitas output atau lulusan pondok pesantren Al-Jihad Surabaya dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pondok pesantren dengan cara selalu menjaga amanah dan bertanggung jawab atas semua kepercayaan dari masyakarat. Langkah-langkah manajemen peningkatan kualitas kelembagaan di pondok pesantren Al-Jihad Surabaya diantaranya perencanaan manajemen. Perencanaan manajemen peningkatan kualitas kelembagaan terdiri dari perencanaan jangka pendek, perencanaan jangka menengah, dan perencanaan jangka panjang. Faktor pendukung manajemen peningkatan kualitas kelembagaan di pondok pesantren Al-Jihad Surabaya diantaranya sumber daya manusia yang bermutu dan bertanggung jawab. Adanya donatur yang selalu ikhlas menanamkan sahamnya untuk keperluan pondok pesantren dan adanya mitra yang selalu mendukung program-program pondok pesantren Al-Jihad. Adapun faktor penghambat manajemen peningkatan kualitas kelembagaan di pondok pesantren Al-Jihad Surabaya adalah faktor manajemen waktu yang kurang efektif dan efisien serta ada beberapa santri yang masih kurang aktif dalam mengikuti kegiatan di pondok pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurvitasari, Maytamaytanurvitasari@gmail.comD93214061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam--2012085201
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Manajemen
Pesantren
Keywords: peningkatan kualitas; manajemen; pendukung; penghambat.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mayta Nurvitasari
Date Deposited: 15 Jul 2021 07:00
Last Modified: 15 Jul 2021 07:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48406

Actions (login required)

View Item View Item