Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan religious culture

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaliyah, Lili Nur (2021) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan religious culture. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lili Nur Amaliyah_D93217102.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan religious culture. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti mengguanakan model reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. SD YAPITA Surabaya menerapkan berbagai program dalam meningkatkan religious culture: program harian yang dilakukan setiap harinya (5S, TPQ, sholat dhuha berjama’ah bagi kelas 6, sholat dzuhur berjama’ah dan berdo’a bersama untuk pulang), program mingguan yang dilaksanakan setiap minggunya (istighosa, ekstrakurikuler qiro’ah, esktrakurikuler musik islam), dan program tahunan yang dilakukan dalam satu tahun sekali (peringatan hari besar islam dan ramadhan berbagi). Berbagai program religious culture yang dilaksanakan merupakan salah satu usaha kepala sekolah dalam meningkatkan religious culture bagi seluruh warga sekolah, agar masyarakat di sekolah memiliki nilai-nilai religius dalam diri mereka dan tertanamnya ilmu serta taqwa. Kepribadian yang positif diwujudkan dalam bentuk budaya sekolah yang baik, salah satunya peningkatan religious culture di sekolah merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan. Kebutuhan peningkatan religious culture di sekolah agar masyarakat sekolah mendapatkan peluang, bisa mempunyai dan mewujudkan seluruh aspek keberagamaannya baik pada aspek kepercayaan (keimanan), praktik agama, pengetahuan agama serta pengalaman keagamaan. Seluruhnya dapat dicapai melalui berbagai macam aktivitas keagamaan sebagai alat dalam menghasilkan dan meningkatkan religious culture di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaliyah, Lili Nurlilynura161@gmail.comD93217102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.id196703111992031003
Thesis advisorRifa'I, Muh Khoirulrifai@uinsby.ac.id198207122015031001
Subjects: Budaya - Agama
Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah; Religious Culture.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Lili Nur Amaliyah
Date Deposited: 15 Jul 2021 06:49
Last Modified: 15 Jul 2021 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48407

Actions (login required)

View Item View Item