Manajemen keuangan dalam mengembangkan keunggulan pesantren di Hamalatul Qur'an Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidah, Dyana Maftuhatu (2021) Manajemen keuangan dalam mengembangkan keunggulan pesantren di Hamalatul Qur'an Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dyana Maftuhatu Rosyidah_D03217012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengasuh pondok, bendahara yayasan, bendahara pengurus, departemen pendidikan, pembina pengurus, wali santri dan santri. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model dari Miles dan Huberman dalam melakukan analisis data dan menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data. Hasil penelitian yang diperoleh meyatakan bahwa (1) Manajemen keuangan yang ada di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an sudah berjalan sesuai dengan fungsi dan prinsip manajemen keuangan, namun terdapat beberapa kekurangan seperti tidak adanya pendataan donatur. (2) Keunggulan pesantren yang ada di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an sangatlah beragam meliputi enam indikator yakni dilihat dari segi perpaduan antara kurikulum pesantren dan pendidikan formal, lingkungan yang kondusif, fasilitas mudah diakses, guru (ustadz) yang berkualitas, santri yang heterogen dan berprestasi serta jaminan keamanan. (3) manajemen keuangan dalam mengembangkan keunggulan pesantren di Hamalatul Qur’an sudah berjalan dengan baik, pengasuh pondok, bendahara yayasan serta bendahara pengurus dengan manajemen keuangan pengaturan serta pendistribusian dapat berjalan dengan seimbang antara kebutuhan pokok pondok dengan kebutuhan pengembangan keunggulan pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidah, Dyana Maftuhatudyanamaftuhaturosyidah7@gmail.comD03217012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa'arif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilreal_bjn80@yahoo.com2027068001
Subjects: Manajemen
Pesantren
Keywords: Manajemen Keuangan; Keunggulan Pesantren.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: DYANA MAFTUHATU ROSYIDAH
Date Deposited: 15 Jul 2021 02:03
Last Modified: 15 Jul 2021 02:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48418

Actions (login required)

View Item View Item