Strategi kepala madrasah dalam pengelolaan kurikulum berbasis Literasi di Madrasah Ibtidaiyah Bani Hasyim Lengkong Cerme Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Uzemah, Azalia Zarotul (2021) Strategi kepala madrasah dalam pengelolaan kurikulum berbasis Literasi di Madrasah Ibtidaiyah Bani Hasyim Lengkong Cerme Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azalia Zarotul Uzemah_D93217041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya minat baca masyarakat Indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan budaya literasi yang ada di negara ini. Salah satunya mengintegralkan literasi pada substansi kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan kurikulum berbasis literasi, untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi kepala madrasah dalam pengelolaan kurikulum berbasis literasi, dan untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat pengelolaan kurikulum berbasis literasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk uji kebasahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa, (1) manajemen kurikulum berbasis literasi di MI Bani Hasyim Lengkong Cerme Gresik meliputi 3 langkah yaitu perencanaan, implementasi, dan evaluasi. (2) Strategi kepala madrasah dalam implementasi kurikulum di MI Bani Hasyim Lengkong Cerme Gresik meliputi beberapa langkah, diantaranya yaitu: melakukan analisis internal, penyelarasan visi misi dan tujuan lembaga, membangun kerja sama dengan pihak luar madrasah, memberikan pelatihan-pelatihan bagi guru, dan juga melakukan controlling pada proses pembelajaran berlangsung. (3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum berbasis literasi di MI Bani Hasyim Lengkong Cerme Gresik, diantaranya: memiliki guru yang berkualitas, sarana dan prasarana yang memadai, kepemimpinan kepala sekolah, serta melibatkan keseluruhan anggota dalam penerapan kurikulum. Adapun faktor penghambat implementasi kurikulum berbasis literasi ini, diantaranya belum terlaksananya program-program yang sudah dicanangkan karena kondisi masih pandemi, masih minimnya tenaga pendidik yang mumpuni dalam pengelolaan program penunjang kurikulum, dan juga masih minimnya jumlah buku yang ada di perpustakaan MI Bani Hasyim Lengkong Cerme Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Uzemah, Azalia Zarotulazzahrazahro@gmail.comD93217041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Kepala Sekolah
Keywords: Strategi; Kepala Madrasah; Kurikulum Berbasis Literasi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: AZALIA ZAROTUL UZEMAH
Date Deposited: 15 Jul 2021 00:12
Last Modified: 15 Jul 2021 00:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48438

Actions (login required)

View Item View Item