Manajemen program unggulan dalam meningkatkan kompetensi lulusan di MAN 2 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikah, Mar'atus (2021) Manajemen program unggulan dalam meningkatkan kompetensi lulusan di MAN 2 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mar'atus Sholikah_D93217106.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses manajemen program unggulan, upaya peningkatan kompetensi lulusan dan manajemen program unggulan dalam meningkatkan kompetensi lulusan serta faktor pendukung dan penghambat manajemen program unggulan dalam meningkatkan kompetensi lulusan di MAN 2 Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada 3 yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengubah model analisis interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 proses yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan data yang kredibel, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) manajemen program unggulan dimulai dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. (2) peningkatan kompetensi lulusan dilakukan dengan melaksanakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan pembiasan dan kegiatan bimbingan belajar, (3) manajemen program unggulan dalam meningkatkan kompetensi lulusan tercermin dengan adanya peningkatan kompetensi siswa, prestasi yang mampu diraih di luar sekolah, dan sertifikasi keahlian, (4) Faktor pendukung manajemen program unggulan dalam meningkatkan kompetensi lulusan ialah fasilitas yang memadai, guru yang berkompetensi, dan anggaran. Sedangkan faktor penghambat nyala adalah penentuan jadwal guru dan motivasi siswa yang tidak stabil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikah, Mar'atusmaratus14sholikah@gmail.comD93217106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam--2012085201
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Manajemen; Program unggulan; Kompetensi lulusan; Prodistik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mar'atus Sholikah
Date Deposited: 17 Jul 2021 13:29
Last Modified: 17 Jul 2021 13:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48440

Actions (login required)

View Item View Item