Kajian skenario pengelolaan sampah rumah tangga di Kota Sukabumi dengan metode life cycle assessment (LCA)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ain, Thayyibah Nazlatul (2021) Kajian skenario pengelolaan sampah rumah tangga di Kota Sukabumi dengan metode life cycle assessment (LCA). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Thayyibah Nazlatul Ain_H05217023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Timbulan sampah Kota Sukabumi sebesar 171 ton/hari dengan sampah yang baru terolah 10,06 ton/hari di sektor hulu. Selain itu, sistem penimbunan landfill di TPA Cikundul Kota Sukabumi masih proses pengembangan sistem controlled landfill. Penentuan skema pengelolaan sampah dibutuhkan untuk memprediksi dampak lingkungan yang dianalisis secara holistik. Tujuan dari penelitian ini adalah menghitung dampak lingkungan dari tiga skenario pengolahan sampah rumah tangga di Kota Sukabumi yang telah ditentukan berdasarkan goals dan definition. Dampak yang dikaji dibatasi pada analisis dampak global warming potential (GWP), acidification potential (AP), eutrofication potential (EP). Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara serta sampling timbulan, densitas dan komposisi sampah rumah tangga dengan metode SNI 19-3964-1994. Sedangkan, analisis data dengan metode kualitatif deskriptif dari proses analisis life cycle assessment (LCA) menggunakan Center of Environmental Science of Leiden University Impact Assessment (CML-IA) dengan software Simapro 9.1. Berdasarkan hasil analisis, nilai pembobotan dari kuantifikasi ketiga dampak lingkungan didapatkan nilai bobot pada skenario 0 (eksisting) adalah 4,3226 x 10-6, skenario 1 memiliki nilai bobot paling tinggi yaitu 2,1997, dan skenario 2 memiliki nilai yang paling rendah yaitu 1,9847 x 10-6. Maka, direkomendasikan pengelolaan sampah terbaik dengan dampak yang paling rendah adalah skenario 2 yaitu pengelolahan sampah rumah tangga yang dilakukan pewadahan dan pemilahan di sumber, pengomposan di sumber, penyaluran sampah ke bank sampah, pengumpulan dan pengangkutan residu ke TPA Cikundul.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ain, Thayyibah Nazlatulthayyibahnazlatul@gmail.comH05217023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAuvaria, Shinfi Waznashinfiwaznaauvaria@gmail.com2028038601
Thesis advisorNurmaningsih, Dyah Ratridyahratrin@gmail.com2022038501
Subjects: Lingkungan Hidup
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian

Teknik Lingkungan
Keywords: Sampah Rumah Tangga; Life Cycle Assessment (LCA); dan Pengelolaan Sampah.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Thayyibah Nazlatul Ain
Date Deposited: 15 Jul 2021 15:16
Last Modified: 15 Jul 2021 15:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48449

Actions (login required)

View Item View Item