Perbandingan Kemampuan Lidah Buaya (Aloe vera) dengan Poly Aluminium Chloride (PAC) sebagai Koagulan dalam Menurunkan BOD, COD, TSS dan warna pada Limbah Cair Industri Kopi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardilla, Farhana Fitri (2021) Perbandingan Kemampuan Lidah Buaya (Aloe vera) dengan Poly Aluminium Chloride (PAC) sebagai Koagulan dalam Menurunkan BOD, COD, TSS dan warna pada Limbah Cair Industri Kopi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farhana Fitri Ardilla_H75217057.pdf

Download (7MB)

Abstract

Limbah cair industri kopi mengandung bahan organik yang tinggi sehingga menyebabkan kadar BOD, COD dan TSS yang tinggi. Selain itu, juga memiliki kandungan warna yang tinggi. Berdasarkan data pengolahan limbah cair PT. Aneka Coffee Industry (2021), kadar BOD, COD, TSS dan warna secara berurutan yaitu 1.100 mg/l, 2.600 mg/l, 2.100 mg/l dengan air limbah berwarna coklat kehitaman. Pada penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan dari lidah buaya dan PAC sebagai koagulan dalam menurunkan parameter BOD, COD, TSS dan warna. Selain itu, mengetahui dosis optimum dari penggunaan variasi dosis 20 ml/l, 40 ml/l dan 60 ml/l untuk masing-masing koagulan. Karakteristik awal limbah cair industri kopi masih belum memenuhi baku mutu Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No.5/2014. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan jar test dan pengujian parameter air limbah di laboratorium. Jar test dilakukan dengan pengadukan cepat 200 rpm selama 1 menit kemudian pengadukan lambat 90-100 rpm selama 20 menit dan dibiarkan mengendap selama 30 menit. Pengujian parameter BOD, COD, TSS dan warna dilakukan sesuai dengan SNI yang berlaku. Berdasarkan pengujian diketahui dosis optimum koagulan lidah buaya maupun PAC dalam menurunkan BOD, COD, TSS dan warna adalah 60 ml/l dengan presentase penurunan lebih dari 50%. Dan hasil uji beda Mann-Whitney yang dilakukan dengan SPSS menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan dari kedua koagulan dalam menurunkan BOD, COD, TSS dan warna dari limbah cair industri kopi. Dengan ini, koagulan lidah buaya maupun PAC, keduanya mampu menurunkan parameter pencemar tersebut dengan dosis optimum yang telah ditentukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardilla, Farhana Fitrifarahardilla683@gmail.comH75217057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunfarida, Idamunfarida@uinsby.ac.id198411302015032001
Thesis advisorSuprayogi, Dedydsuprayogi@uinsby.ac.id0711125102
Subjects: Lingkungan Hidup
Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Teknik Lingkungan
Keywords: Jar test; koagulan PAC; koagulan lidah buaya; koagulasi-flokulasi.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Farhana Ardilla
Date Deposited: 15 Jul 2021 13:07
Last Modified: 15 Jul 2021 13:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48454

Actions (login required)

View Item View Item