Pemanfaatan daun ketapang (Terminalia sp.) sebagai bioadsorben zat warna sintesis Rhodamin B teraktivasi asam fosfat (H3PO4)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasna, Nadya (2021) Pemanfaatan daun ketapang (Terminalia sp.) sebagai bioadsorben zat warna sintesis Rhodamin B teraktivasi asam fosfat (H3PO4). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadya Hasna_H05217015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rhodamin B merupakan salah satu zat warna sintesis yang sering dijumpaipadaair limbah yang berasal dari industritekstil. Dengan masuknya zat warna sintesis Rhodamin B dalam jumlah berlebih ke lingkungan dapat merubah pH perairandan mengganggu fotosintesis. Sehingga ekosistem mikrooganisme dan hewan yang ada di lingkungantersebut akan terganggu.Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan pencemaran lingkungan oleh zatwarna ialah dengan cara adsorpsi dengan bioadsorben. Bioadsorben menggunakan daun ketapang teraktivasi asam fosfat mampu menurunkankadar Pb dan Cu dalam air limbah. Hal ini dikarenakan daun ketapang mengandung senyawa tannin yang mampu menyerap logam berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi biadsorben daun ketapang (Terminaliasp.) dalam mengadsorpsi zat warna sintesisRhodamin B, baik tanpa aktivasi dan teraktivasi asam fosfat 10%. Penelitian diawalidengan mengamatikemampuan optimum seperti variasi massa bioadsorben, waktu kontak, dan konsentrasi Rhodamin B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan optimum bioadsorben daun ketapang tanpa aktivasi maupun teraktivasi asam fosfat 10% untuk variasi massa diperoleh 300 mg, waktu kontak 90 dan 120 menit, konsentrasi Rhodamin B 10 mg/L sampai 30 mg/L. Kemampuan bioadsorben daun ketapang dalammengadsorpsi Rhodamin B (Qm)untuk daun ketapang tanpa aktivasi yaitu sebesar 3,7037mg/g dan untuk daun ketapang teraktivasi asam fosfat sebesar 1,0673 mg/g. Proses adsorspi oleh bioadsorben daun ketapang mengikuti model isotherm Freundlich dengan nilai R2 terbesar 0,9573.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasna, Nadyandyhsn22@gmail.comH05217015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuprayogi, Dedydsuprayogi@uinsby.ac.id0711125102
Thesis advisorHakim, Abdulabdul.hakim@uinsby.ac.id2006088001
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Teknik Lingkungan
Keywords: Adsorpsi; Bioadsorben; Daun Ketapang; Rhodamin B.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Nadya Hasna
Date Deposited: 16 Jul 2021 07:59
Last Modified: 16 Jul 2021 07:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48477

Actions (login required)

View Item View Item