Genealogi pemikiran politik Sayyid Qutb dalam Tafsir Fi Zhilalil Quran; surat Al-Maidah: 44, 45 Dan 47

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saimi, Mohd Faiq Bin (2021) Genealogi pemikiran politik Sayyid Qutb dalam Tafsir Fi Zhilalil Quran; surat Al-Maidah: 44, 45 Dan 47. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohd Faiq Bin Saimi_A42216053.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan historis. Pendekatan historis digunakan meneliti pemikiran politik sepanjang sejarah Islam dan latar belakang yang mempengaruhi munculnya pemikiran politik pada diri Sayyid Qutb. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Archeology of knowledge, yang dikemukakan oleh Michel Foucauld. Teori menganalisis dan mengumpul ulang masalah-masalah asal usul dalam elemen empiris sejarah serta dalam setiap tahapan pengembangannya hingga dapat menemui titik genealogi pemikiran Sayyid Qutb. Peneliti menggunakan metode penelitian sejarah dengan beberapa tahapan, yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Dari penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa 1) Sayyid Qutb hidup di masa dua pemerintahan zalim, yaitu monarki kapitalis dan pemerintahan sekuler Naseer. Kemunduran Islam dan isu pelestin menjadi lahan tumbuhnya pemikiran politik Sayyid Qutb hingga tercetusnya revolusi Mesir 1952. 2) Akar pemikiran Sayyid Qutb adalah pemerintahan tauhid. Sayyid Qutb menganggap umat seperti masa jahiliyyah hingga jihad membentuk dar al islami perlu untuk dilakukan. Budaya pemikiran seperti ini merupakan kelanjutan dari pemikiran khawarij. 3) Pemikiran Sayyid Qutb melahirkan respon dan reaksi yang berbeda-beda setelah membacakaryanya FI Zhilal Quran dan Ma’lim Fi Thariq.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saimi, Mohd Faiq Binmohdfaiq2828@gmail.comA42216053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhazali, Imam--196002121990031002
Subjects: Politik > Politik Islam
Tafsir
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Sayyid Qutb; Genealogi; Fi Zhilalil Quran.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mohd Faiq
Date Deposited: 16 Jul 2021 07:29
Last Modified: 16 Jul 2021 07:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48484

Actions (login required)

View Item View Item