Hubungan kualitas air dengan struktur komunitas makroinvertebrata sebagai bioindikator di Sungai Candipari, Desa Candipari, Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afrilia, Dita (2021) Hubungan kualitas air dengan struktur komunitas makroinvertebrata sebagai bioindikator di Sungai Candipari, Desa Candipari, Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dita Afrilia_H75217031.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sungai Candipari terletak di Desa Candipari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Sungai Candipari merupakan salah satu aliran sungai yang terletak di desa Candipari yang langsung berhubungan dengan aktivitas manusia (pemukiman, pertanian, kolam renang), dapat berdampak pada ekosistem yag berada di sungai tersebut. Mengetahui kualitas air secara biologi dapat dilakukan dengan menggunakan metode biomonitoring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas air yang berada di Sungai Candipari, Sidoarjo (berdasarkan pada parameter kimia dan fisika), mengetahui struktur komunitas makroinvertebrata yang terdapat di Sungai Candipari, Sidoarjo, dan untuk mengetahui hubungan antara struktur komunitas makroinvertebrata dengan kualitas air yang terdapat di Sungai Candipari, Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan di Sungai Candipari di Desa Candipari Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. Pada penelitian ini dibagi menjadi 3 stasiun yaitu daerah adanya aktivitas manusia, aktivitas kolam renang dan pemukiman padat penduduk, aktivitas pertanian. Hasil kualitas air di Sungai Candipari pada parameter suhu yang memiliki nilai setiap stasiun 29°C. Nilai tinggi parameter pH pada stasiun 1 sebesar 7,45. Nilai tinggi parameter BOD di stasiun 1 hingga sebesar 2,6 mg/l. Nilai tinggi parameter COD di stasiun 3 sebesar 52,33 mg/l. Nilai tinggi parameter DO di stasiun 3 sebesar 4,5 mg/l. Nilai tinggi parameter TSS di stasiun 1 sebesar 91 mg/l. Hasil nilai dari indeks keanekaragaman rendah pada stasiun 2 sebesar 1,09. Hasil nilai dari indeks keseragaman paling banyak pada stasiun 1 sebesar 0,016. Hasil nilai dari indeks dominansi yang mendominasi pada stasiun 2 sebesar 0,34. Hasil nilai dari indeks kelimpahan yang melimpah pada stasiun 3 sebesar 4,24. Hasil uji korelasi pada indeks keanekaragaman, keseragaman, skor FBI, indeks dominasi, indeks kelimpahan dan indeks biotik yang menunjukkan hubungan korelasi. Sedangkan skor BMWP-ASPT yang menunjukkan hubungan korelasi bertolak belakang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afrilia, Ditadita09a3@gmail.comH75217031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusrianti, Yusriantiyusrianti_sabang@uinsby.ac.id2022108201
Thesis advisorHakim, Abdulabdul.hakim@uinsby.ac.id2006088001
Subjects: Lingkungan Hidup
Statistik
Teknik Lingkungan
Keywords: Sungai Candipari; Kualitas Air; Struktur Makroinvertebrata; Korelasi.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Dita Afrilia
Date Deposited: 16 Jul 2021 05:16
Last Modified: 16 Jul 2021 05:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48492

Actions (login required)

View Item View Item