Pengaruh media pembelajaran interaktif articulate storyline 3 terhadap pemahaman IPA pada pembelajaran daring kelas VI MIN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Nufus Choirum (2021) Pengaruh media pembelajaran interaktif articulate storyline 3 terhadap pemahaman IPA pada pembelajaran daring kelas VI MIN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nufus Choirum Masruroh_D07217023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh latar belakang adanya permasalahan dalam pembelajaran IPA yang dilakukan secara daring dimana guru meminimalkan pertemuan virtual dan bergantung pada media pembelajaran berupa power point yang diubah menjadi video youtube. Akan tetapi, siswa merasa bosan karena tampilan visual media lebih banyak tulisan dan tidak dapat melibatkan mereka untuk menggunakannya. Akibatnya pemahaman IPA siswa menjadi menurun dan berpengaruh terhadap hasil belajar mereka. Media pembelajaran interaktif Articulate Storyline 3 menjadi salah satu upaya untuk membantu memudahkan pemahaman IPA siswa saat pembelajaran daring. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif Articulate Storyline 3 terhadap pemahaman IPA pada pembelajaran daring kelas VI MIN 2 Sidoarjo. Penelitian kuantitatif ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk quasi experimental yang dirancang menggunakan nonequivalent control group design atau melibatkan dua kelompok (eksperimen dan kontrol). Kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagai sampel dalam penelitian ini memiliki total masing-masing sebanyak 26 siswa dan 25 siswa. Data dikumpulkan melalui soal tes pemahaman (pretest dan posttest) yang disebarkan melalui google form dan dianalisis menggunakan uji hipotesis independent sample t-test. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,044 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran interaktif Articulate Storyline 3 terhadap pemahaman IPA pada pembelajaran daring kelas VI MIN 2 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, Nufus Choirumnufusuinsa@gmail.comD07217023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwe@rocketmail.com2015127201
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Media pembelajaran interaktif Articulate Storyline 3; pemahaman IPA; pembelajaran daring.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nufus Choirum Masruroh
Date Deposited: 20 Jul 2021 01:59
Last Modified: 20 Jul 2021 01:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48505

Actions (login required)

View Item View Item