Analisis hukum islam terhadap jual beli fasilitas Akun Premium Joox dan Spotify di Sosial Media Facebook

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Firmansyah Aldi (2020) Analisis hukum islam terhadap jual beli fasilitas Akun Premium Joox dan Spotify di Sosial Media Facebook. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aldi Firmansyah Ramadhani_C92216080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Data penelitian serta pengumpulan skripsi ini diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi dengan para penjual fasilitas akun premium Joox danSpotify serta para pembeli fasilitas akun premium Joox dan Spotify. Mengenai teknik pengolahan data yang digunakan oleh penulis adalah teknik editing, organizing, dan analyzing.Kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis untuk mendapatkan kesimpulan secara khusus seputar apakah praktik jual beli fasilitas akun premium Joox dan Spotify di sosial media Facebook telah sesuai dengan hukum Islam? Pada kegiatan jual beli fasiltas akun premium Joox dan Spotify penjual menawarkan melalui Facebook kemudian pembeli dapat menghubungi penjual melalui Facebook Messanger serta penjual mengarahkan cara untuk melakukan transaksi pembayarannya. Dilihat dari segi praktiknya secara umumjual beli fasilitas akun premium Joox dan Spotify ini tidak diperbolehkan sedangkan dalam analisis hukum Islam terhadap jual beli fasilitas akun premium Joox dan Spotify di sosial media Facebook ini termasuk kategori jual beli yang fasad selain tidak ada legalitas yang mengaturnya, penjual juga secara tidak langsung melanggar peraturan langsung dari aplikasi Joox dan Spotify karena mengambil fasilitas akun premium dari pihak lain untuk diperjual belikan kembali kepada pembeli dan banyak juga komplain dari pembeli karena masa tenggang waktu tidak sesuai sehingga hal ini juga menyebabkan sistem ija>rah atau sewa menyewa menjadi rusak atau batal. Jual beli ini banyak mendatangkan manfaat bagi para penjual dan pembeli sehingga dapat dijadikan hujjah sebagai maslahah mursalah menurut Imam Maliki. Sejalan dengan diadakannya penelitian dalam skripsi ini, penulis memberikan saran bahwa sistem jual beli fasilitas akun premium Joox dan Spotify di sosial media Facebook diharapkan lebih memperjelas ke pembeli mengenai akad apa yang akan digunakan. Agar kegiatan jual beli fasilitas akun premium Joox dan Spotify di sosial media Facebook sesuai dengan ketentuan hukum dan hukum Islam ya ng berlaku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Firmansyah Aldiramadhanialdi123@gmail.comC92216080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJaelani, Amrusi Imam--2003017002
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli > Jual Beli
Keywords: Jual beli; Akun premium Joox dan Spotify; Facebook.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ramadhania Aldi
Date Deposited: 18 Jul 2021 12:45
Last Modified: 18 Jul 2021 12:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48538

Actions (login required)

View Item View Item