Tinjauan fiqh siyasah terhadap sengketa batas wilayah laut Natuna Utara antara Indonesia dan China menurut undang-undang nomor 17 tahun 1985

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Mutia Rahmah (2021) Tinjauan fiqh siyasah terhadap sengketa batas wilayah laut Natuna Utara antara Indonesia dan China menurut undang-undang nomor 17 tahun 1985. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mutia Rahmah Agustina_C05216040.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian hukum normatif yang bersifat kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Library Research yaitu bentuk penelitian yang dilakukan dengan metode pengumpulan data dari karya-karya tertulis, yang sudah maupun yang belum dipublikasi. Dari hasil penelitian literasi ini menghasilkan analisa terhadap penyelesaian sengketa batas wilayah Laut Natuna Utara antara Indonesia dengan China. Tujuan dari untuk memberikan kemudahan kepada Menteri Pertahanan dari kedua negara sesuai dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1985. Dapat disimpulkan bahwa Pemerintah Indonesia dapat menyelesaika Sengketa batas wilayah laut ketentuan ini juga tertuang dalam Pasal 2 ayat 3 Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa yang berisikan apabila ada negara anggota Konvensi yang melanggar ketentuan konvensi yang sudah ditetapkan maka harus menyelesaikan melalui jalan damai. Sebab dalam menangani persengketaan antara Indonesia dan China, pemerintah Indonesia memilih jalur damai yang sesuai dengan ketentuan UNCLOS 1982. Fiqh siyasah terhadap sengketa batas wilayah laut Natuna Utara termasuk dalam kategori siyasah dusturiyah yang membahas tentang wazir atau pembantu Imamah yang dapat diartikan sebagai menteri yang bertugas menyelesaikan permasalahan internal dan eksternal dalam negara dan sebagai pengawas administrasi negara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, Mutia Rahmahmutiarahmahagustina@gmail.comC05216040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTutik, Titik Triwulantt_titik@yahoo.com2029036801
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: sengketa perebutan batas wilayah laut
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Mutia Rahmah Agustina
Date Deposited: 18 Jul 2021 09:56
Last Modified: 18 Jul 2021 09:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48573

Actions (login required)

View Item View Item