Analisis kemampuan koneksi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah kontekstual Keislaman berdasarkan Taksonomi SOLO ditinjau dari Adversity Quotient (AQ)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susanti, Ika Widia (2021) Analisis kemampuan koneksi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah kontekstual Keislaman berdasarkan Taksonomi SOLO ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Widia Susanti_D04217013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan yang diperlukan dalam proses menyelesaikan masalah matematika. Dalam memecahkan masalah matematika, setiap peserta didik memiliki cara yang berbeda salah satunya dipengaruhi kecerdasan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis peserta didik climbers, campers, dan quitters dalam menyelesaikan masalah kontekstual keislaman berdasarkan taksonomi SOLO. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Dilaksanakan di kelas IX MTs Negeri 1 Mojokerto yang terdiri atas enam peserta didik yang memiliki tiga tingkatan AQ yang berbeda. Penentuan keenam peserta didik dijaring berdasarkan angket ARP dan pertimbangan guru mata pelajaran matematika. Instrumen yang digunakan terdiri atas tugas penyelesaian masalah, dan pedoman wawancara. Data dianalisis berdasarkan teknik analisis data tugas pemecahan masalah (TPM) dan teknis analisis data pedoman wawancara. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dengan tipe climbers dalam menyelesaikan masalah kontekstual keislaman dapat melewati semua tahapan pemecahan masalah Polya sehingga memenuhi indikator koneksi antar konsep matematika, matematika dengan disiplin ilmu lain dan matematika dengan kehidupan sehari-hari dan berada pada level SOLO extended abstract. Peserta didik dengan tipe campers dalam menyelesaikan masalah kontekstual keislaman tidak dapat melewati tahapan mecahan masalah Polya pada tahap mengecek kembali sehingga memenuhi indikator koneksi antar konsep matematika dan matematika dengan disiplin ilmu lain dan matematika dengan kehidpuan sehari-hari meskipun kurang lengkap dan berada pada level SOLO relational. Sedangkan peserta didik dengan tipe quitters dalam menyelesaikan masalah kontekstual keisalaman tidak dapat melewati tahapan pemecahan masalah Polya pada tahap melaksanakan rencana dan mengecek kembali sehingga memenuhi indikator koneksi antar konsep matematika dan berada pada level SOLO unistructural hingga multistructural.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susanti, Ika Widiaikawdsusanti@gmail.comD04217013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A. Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Koneksi matematis; Taksonomi SOLO; Adversity quotient; Climbers; Campers; dan quitters.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ika Widia Susanti
Date Deposited: 18 Jul 2021 06:21
Last Modified: 23 Jul 2021 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48589

Actions (login required)

View Item View Item