Peran forum komunikasi dalam meningkatkan mutu pendidikan islam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al Hidayah Singgahan Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handayani, Yuliana Tri (2021) Peran forum komunikasi dalam meningkatkan mutu pendidikan islam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al Hidayah Singgahan Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuliana Tri Handayani_D93217082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena sosial yang menunjukkan bahwa pendidikan non formal keagamaan islam yakni Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) memiliki eksistensi yang cukup rendah. Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa pendidikan islam tersebut merupakan hal yang tidak begitu penting. Perhatian dari pemerintah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan islam pun masih tergolong rendah. Oleh karenanya, sebuah organisasi bernama Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) dibentuk dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan islam. Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT). Dalam hal ini peneliti mengambil objek penelitian Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Tuban dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Al Hidayah Singgahan Tuban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), mutu pendidikan islam, serta faktor-faktor yang memengaruhi Forum komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) dalam meningkatkan mutu pendidikan islam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al Hidayah Singgahan Tuban. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dari penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum/Waka Kesiswaan, Staff TU, Ketua Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Tuban, Staff Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Tuban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peran FKDT) Kabupaten Tuban antara lain sebagai penengah atau mitra kerja Kementerian Agama, berperan dalam melaksanakan program kegiatan, berperan sebagai wadah koordinasi antara madrasah diniyah takmiliyah se-kabupaten, berperan dalam pelaksanaan evaluasi, (2) Madrasah Diniyah Takmiliyah Al Hidayah Singgahan Tuban memiliki mutu pendidikan yang kian waktu kian meningkat, dengan adanya penambahan peserta didik setiap tahunnya serta memiliki prestasi hingga tingkat nasional, (3) Dalam meningkatkan mutu pendidikan islam, FKDT Kabupaten Tuban berperan dalam pelaksanaan perstandartan serta sosialisai kurikulum, pelaksanaan program penterjemahan kitab salaf, pembinaan tenaga pendidik, (4) Faktor pendukung antara lain masalah pembiayaan pendidikan yang sudah ter-cover dari Bantuan Operasional Prosedur (BOP), tingkat kepercayaan masyarakat yang cukup tinggi terhadap madrasah diniyah. Faktor penghambat antara lain kurangnya fasilitas belajar peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handayani, Yuliana Triyulianatrihandayani9@gmail.comD93217082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam--2012085201
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Organisasi Masyarakat
Pendidikan Islam
Keywords: Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah; Mutu Pendidikan Islam.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yuliana Tri Handayani
Date Deposited: 18 Jul 2021 11:03
Last Modified: 18 Jul 2021 11:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48590

Actions (login required)

View Item View Item