Penafsiran Al-Alusi Dalam Qs. Al-Baqarah Ayat 17

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad, Fahmi (2021) Penafsiran Al-Alusi Dalam Qs. Al-Baqarah Ayat 17. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahmi Muhammad_E03215015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini penulis mengkaji tentang ayat amthal yang difokuskan pada QS. al-Baqarah ayat 17 menggunakan salah satu tokoh mufassir yaitu al-Alusi. Bagaimana penjelasan al-Alusi tentang ayat amthal. dan ayat ini membahas tentang sifat orang munafik yang diibaratkan dengan orang yang menyalakan api yang bertujuan menyinari apa yang ada disekitarnya. Padahal cahaya dari api yang mereka nyalakan itu sangatlah lemah, sewaktu-waktu bisa padam. Sama dengan sifat orang munafik yang dalam kehidupannya tidak memiliki pendirian. Lantas Allah menghilangkan cahaya tersebut. dalam peniadaan cahaya Allah memakai redaksi nur bukan d}iya’lantas apa hikmah dari peniadaan cahaya tersebut menggunakan lafaz nur? Dalam kajian skripsi ini penulis mengunakan metode library reseach (pengumpulan data) yang bersumber dari data primer maupun sekunder. Data primer yang digunakan oleh penulis yaitu Tafsir Ruhul Ma’ani karangan al-Alusi. Beliau termasuk ulama kontemporer yang hidup di Iraq. Beliau sejak dini dibimbing langsung oleh ayahnya sendiri, sejak berumur 13 tahun beliau sangat antusias dalam belajar dan menulis. Al-Alusi menafsirkan Alquran menggunakan metode tahlili yakni mengungkap makna setiap kata dan susunan kata secara rinci dalam setiap ayat. Dari hasil kajian skripsi ini membuahkan kesimpulan bahwa amthal pada ayat ini termasuk kategori mus}arrah}a karena dengan jelas menggunakan lafaz} mathal dan menggunakan kaidah tashbih karena pada ayat ini mencakup semua rukun-rukunnya dan mempunyai wajhu shib lebih dari satu, kemudian dalam peniadaan cahaya menggunakan lafaz nur karena Allah SWT sungguh tidak memberi cela bagi orang-orang munafik dalam mengambil manfaat darinya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhammad, FahmiMoehammed124@gmail.comE03215015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasan, Muzaiyyanah Mu'tasimmuzaiyana@uinsby.ac.id2012086901
Thesis advisorBilla, Mutamakkin--197709192009011007
Subjects: Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Mathal; Nur; diya’; al-Alusi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Fahmi Muhammad
Date Deposited: 18 Jul 2021 06:10
Last Modified: 18 Jul 2021 06:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48594

Actions (login required)

View Item View Item