Analisis swot penghimpunan dana zakat pada Bank Konvensional di Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suci, Prasasti Sarwi (2021) Analisis swot penghimpunan dana zakat pada Bank Konvensional di Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Prasasti Sarwi Suci_G95217062.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Analisis SWOT Penghimpunan Dana Zakat Pada Bank Konvensional Di Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya”. Bertujuan untuk mengetahui faktor yayasan dana sosial Al-Falah Surabaya menjadikan bank konvensional sebagai pengumpulan dana zakat, untuk mengetahui bagaimana penghimpun dana zakat pada bank konvensional di Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya serta untuk mengetahui bagaimana analisis penghimpun dana zakat pada bank konvensional dengan analisis SWOT. Jenis metode yang digunakan penulis dalam penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripstif kualitatif. Deskriptif kualitatif yaitu metode yang dipakai sebagai analisi berdasarkan kebenaan atau fakta-fakta yang terjadi dilapangan. Analisis yang digunakan penulis dalam penelitian adalah analisis SWOT. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah observas, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya menggunakan bank konvensional dalam layanan penghimpunan dana zakat dikarenakan bank konvensional lebih mudah di temukan dan memudahkan muzakki atau donatur dalam melakukan pembayaran dana zakat. Penghimpun dana zakat di bank konvensional berbeda dengan penghimpunandi bank syariah, dana zakat harus di transferkan ke bank syariah lalu dapat di distribusikan kepada 8 ashnaf. Menurut analisis SWOT, kelebihan dari bank konvensional adalah memudahkan dalam melakukan pembayaran dana zakat, kelemahan terdapat dana non halal yang menjadikan riba. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan lebh hati-hati dalam menggunakan bank konvensional agar terhindar dari dana non halal. Diharapkan penelitian ini mampu memberikan kesadaran semua pihak, baik dari individu, kelompok khususnya bagi lembaga YDSF dalam menggunakan bank konvensional sebagai penghimpunan dana zakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suci, Prasasti SarwiPrasastisarwisuci@gmail.comG95217062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDarmawan, Darmawandai.wawan@gmail.com2010048001
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Zakat
Keywords: Zakat; Bank Konvensional; swot.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Prasasti Sarwi Suci
Date Deposited: 18 Jul 2021 10:24
Last Modified: 18 Jul 2021 10:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48607

Actions (login required)

View Item View Item