Sejarah perkembangan persatuan Tenaga Dalam Nur Ilaahi Tahun 1996-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Muhammad Zainul (2021) Sejarah perkembangan persatuan Tenaga Dalam Nur Ilaahi Tahun 1996-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zainul Arifin_A92216091.pdf

Download (2MB)

Abstract

Untuk dapat menjawab permasalahan yang telah diuraikan di atas, peneliti menggunakan metode penelitian sejarah dengan pendekatan antropologi budaya. Pendekatan antropologi budaya dapat melihat pola perilaku masyarakat sesuai dengan latar belakang kepercayaan, ekonomi, politik, lingkungan, kebudayaan dalam ruang lingkup yang dianut oleh Persatuan Tenaga dalam Nur Ilaahi. Selanjutnya peneliti mengumpulkan sumber-sumber sejarah melalui obesrvasi dan wawancara, lalu dikritik dan dianalisisdengan metode kualitatif menggunakan teori fungsional menurut Radcliffe Brown. Hasil dari analisis ditulis dalam bentuk diakronis.Berdasarkan hasil Untuk dapat menjawab permasalahan yang telah diuraikan di atas, peneliti menggunakan metode penelitian sejarah dengan pendekatan antropologi budaya. Pendekatan antropologi budaya dapat melihat pola perilaku masyarakat sesuai dengan latar belakang kepercayaan, ekonomi, politik, lingkungan, kebudayaan dalam ruang lingkup yang dianut oleh Persatuan Tenaga dalam Nur Ilaahi. Selanjutnya peneliti mengumpulkan sumber-sumber sejarah melalui obesrvasi dan wawancara, lalu dikritik dan dianalisisdengan metode kualitatif menggunakan teori fungsional menurut Radcliffe Brown. Hasil dari analisis ditulis dalam bentuk diakronis.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa:1. Asal usul tenaga dalam Nur Ilaahi berasal dari pada pengajian yang diasuh oleh KH Abdurrahman Santun yang diserap intisarinya menjadi tenaga dalam Nur Ilaahi. 2. Dinamika perkembangan tenaga dalam Nur Ilaahi mengalami pasang surut yang lumrah terjadi pada paguyuban pada umunya, namun mengalami kemajuan yang cukup signifikan disetiap tahunya. 3. Fungsi dari ajaran Nur Ilaahi adalah membuat masyarakat semakin sehat serta membuat masyarakat melestarikan budaya asli daerahnya sendiri karena Nur ilaahi lahir dan berkembang di kabupaten Lamongan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Muhammad Zainulzainbalun1997@gmail.comA92216091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWasid, Wasidwasid_2007@yahoo.co.id2118027401
Subjects: Budaya Islam
Sejarah > Sejarah Islam
Tradisi Islam
Keywords: Bela Diri; tenaga dalam; nur Ilaahi; antropologi.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Muhammad Zainul Arifin
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:31
Last Modified: 13 Apr 2022 03:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48610

Actions (login required)

View Item View Item