Pengembangan perangkat pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi geogebra untuk melatih kecerdasan visual spasial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fanani, Muhammad Alfin (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi geogebra untuk melatih kecerdasan visual spasial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Alfin Fanani_D94214081.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kecerdasan visual spasial merupakan salah satu faktor yang mendukung proses pembelajaran matematika pada materi geometri. Kecerdasan visual spasial peserta didik dapat dilatih dengan menerapkan aktivitas pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran jarak jauh, sebab dengan strategi pembelajaran jarak jauh, peserta didik dapat menggunakan berbagai macam media pembelajaran disekitarnya yang tidak ditemukan di sekolahan untuk memahami materi pembelajaran. Implementasi strategi pembelajaran jarak jauh dalam melatih kecerdasan visual spasial membutuhkan media pembelajaran yang mampu membantu peserta didik dalam aktivitas pembelajaran secara online, salah satunya adalah GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan dari pengembangan perangkat pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi GeoGebra untuk melatih kecerdasan visual spasial peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang mengacu pada Teori Plomp, yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase penelitian pendahuluan (Preliminary research), fase pembuatan (Prototyping stage), dan fase penilaian (Assessment phase). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu membuat catatan lapangan (field note) dan validasi ahli. Pada fase penilaian (Assessment phase) tidak dilaksanakan dikarenakan wabah pandemi COVID-19, sehingga peneliti tidak mendapatkan data keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis field note, analisis kevalidan perangkat pembelajaran, dan analisis kepraktisan perangkat pembelajaran. Dalam penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD dengan model pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran jarak jauh berbantuan aplikasi GeoGebra. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Informasi yang diperoleh di MA Nurul Huda Sedati Sidoarjo adalah rata-rata guru masih menggunakan RPP model pembelajaran langsung yang belum diintegrasikan dengan berbagai strategi dan metode pembelajaran, masih lemahnya kecerdasan visual spasial peserta didik, kurang variasi penggunaan teknologi secara online, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 edisi revisi 2020, dan materi yang digunakan adalah dimensi tiga dengan sub materi jarak titik terhadap garis pada bangun kubus dan balok. Tahap selanjutnya adalah mengembangkan perangkat pembelajaran dan selanjutnya divalidasi oleh para ahli untuk mendapatkan nilai dan saran perbaikan. 2) Perangkat pembelajaran dinyatakan “valid” dengan nilai rata-rata total validasi RPP sebesar 4,28 dan nilai rata-rata total validasi LKPD sebesar 4,24. 3) Perangkat pembelajaran dinyatakan “praktis” dengan rata-rata nilai akhir RPP sebesar 85 dalam kategori “A” dan rata-rata nilai akhir LKPD sebesar 84,57 dalam kategori “B”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fanani, Muhammad Alfinmuhammad.alfin.f@gmail.comD94214081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Pembelajaran Jarak Jauh; GeoGebra; Kecerdasan Visual Spasial.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MUHAMMAD ALFIN FANANI
Date Deposited: 18 Jul 2021 06:42
Last Modified: 18 Jul 2021 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48613

Actions (login required)

View Item View Item