Keefektifan media video interaktif dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar tema menuju masyarakat sejahtera di kelas VI MI Miftahul Ulum II Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farihah, Nanda Nailil (2021) Keefektifan media video interaktif dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar tema menuju masyarakat sejahtera di kelas VI MI Miftahul Ulum II Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nanda Nailil Farihah_D97217105.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan dalam pembelajaran tematik yang dilakukan secara daring dimana guru bergantung pada media video pembelajaran biasa, peserta didik merasa bosan karena penyampaian materi yang disajikan hanya mendengarkan banyak ceramah, dan perintah untuk mengerjakan tugas. Akibatnya pemahaman tematik peserta didik menurun dan berpengaruh terhadap hasil belajar mereka. Media video interaktif menjadi salah satu upaya untuk membantu memudahkan pemahaman tematik peserta didik saat pembelajaran daring. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media video interaktif dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar tema menuju masyarakat sejahtera di kelas VI MI Miftahul Ulum II Bungah Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu metode penelitian menggunakan analisis statistic dan data yang didapatkan berupa angka. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quast eksperimen) dengan desain penelitian yaitu One-Group Pretest Posttest Design. Dengan membandingkan nilai sebelum diberikan perlakuan (Pretest) dengan nilai setelah diberi perlakuan (Posttest). Kelas eksperimen ini sebanyak 13 peserta didik. Data dikumpulkan melalui soal tes pemahaman (pretest dan posttest) menggunakan ms.word dijadikan pdf yang dikirimkan melalui whatsapp grup. dan dianalisis menggunakan uji hipotesis Paired Sample T-Test. Keefektifan penggunaan media video interaktif dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar dibuktikan dengan presentase hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan media video interaktif yaitu 38,5% peserta didik yang mencapai KKM menjadi 100% peserta didik yang mencapai KKM. Selain itu dibuktikan pada hasil uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test yang menunjukkan nilai asym sig.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti media video interaktif efektif dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar tema menuju masyarakat sejahtera di kelas VI MI Miftahul Ulum II Bungah Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farihah, Nanda Naililnaililnanda@gmail.comD97217105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, Zumrotulzumrotul_mukafah@yahoo.com2015107003
Thesis advisorSiraj, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Keefektifan; video interaktif; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NANDA NAILIL FARIHAH
Date Deposited: 20 Jul 2021 03:18
Last Modified: 22 Jul 2021 13:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48628

Actions (login required)

View Item View Item