Bentuk kerja sama orangtua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa: studi kasus siswa kelas V MI Al-Amal Kediren Kalitengah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mifia, Bintari arta (2021) Bentuk kerja sama orangtua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa: studi kasus siswa kelas V MI Al-Amal Kediren Kalitengah Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabay.

[img] Text
Bintari Arta Mifia _D97217039.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangangi mengenai motivasi belajar. Dimana motivasi belajar harus dimiliki oleh setiap anak untuk mencapai masa depan yang lebih baik dimasa yang akan datang. Dalam hal ini peneliti lebih memfoksukan pada kerja sama orangtua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan siswa memiliki kesadaran dalam meningkatkan motivasi belajarnya. Untuk rumusan masalah dalam penelitian ini yakni 1) Bagaimana bentuk kerja sama orangtua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V MI Al-Amal Kediren Kalitengah Lamongan? 2) Faktor apa saja yang mempengaruhi kerja sama orangtua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V MI Al-Amal Kediren Kalitengah Lamongan? Untuk penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dan penyajian data menggunakan deskriptif kualitatif. Kemudian untuk pendekatannya menggunakan pendekatan studi kasus. Tahapan dalam pengumpulan datanya yakni 1) perencanaan, 2) memulai pengumpulan data, 3) pengumpulan data dasar, 4) pengumpulan data penutup dan 5) melengkapi. Dan untuk teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar observasi guru, orangtua, dan siswa serta lembar wawancara kepala sekolah, guru, orangtua dan siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk kerja sama yang dilakukan orangtua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar diantaranya yakni memiliki hubungan komunikasi yang baik antara guru dan orangtua, membentuk komite sekolah, adanya rasa saling percaya antara guru dan orangtua dalam memantau anak, pihak sekolah selalu melibatkan orangtua dalam kegiatan sekolah, guru tidak menutupi kekurangan siswa (berbicara apa adanya), memberikan pekerjaan rumah kepada siswa, dan mengadakan rapat rutin di setiap akhir semester sebagai bentuk dari evaluasi kekurangan siswa. 2) Faktor terjadinya kerja sama antara guru dan orangtua selain untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang masih rendah, dimana hal ini yang seharusnya ditanamkan pada siswa karena merupakan sebuah langkah utama supaya anak mencapai prestasi yang baik, mulai dari bidang akademik maupun non akademik. Selain itu kerja sama ini dilakukan supaya siswa lebih memiliki semangat dan pandangan dalam meraih cita-cita yang diharapkan dimasa yang akan datang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mifia, Bintari artafiyah7557@gmail.comD97217039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorSiraj, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id200227303
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Kerja Sama Orangtua dan Guru; Motivasi Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Bintari Arta Mifia
Date Deposited: 16 Jul 2021 04:36
Last Modified: 16 Jul 2021 04:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48636

Actions (login required)

View Item View Item