Pengembangan lembar kerja peserta didik Berbantuan Mika berbasis Etnomatematika Motif Batik Madura Pada Materi Transformasi Geometri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitria, Lilik Irma (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik Berbantuan Mika berbasis Etnomatematika Motif Batik Madura Pada Materi Transformasi Geometri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lilik Irma Fitria_D74214061.pdf

Download (3MB)

Abstract

Budaya batik telah ditetapkan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) sebagai warisan Indonesia, salah satu budaya batik yang digemari oleh konsumen lokal maupun internasional adalah batik Madura yang memiliki cerita sejarah dan keunikan motifnya sendiri, Motif pada batik Madura terlihat menunjukkan beragam konsep-konsep matematika khususnya pada konsep geometri sehingga motif batik Madura dapat digunakan sebagai media belajar pada materi transformasi geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbantuan mika berbasis etnomatematika motif batik Madura pada materi transformasi geometri yang valid dan praktis. Proses pengembangan LKPD berbantuan mika ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu : Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan produk ini adalah Field Note (Catatan Lapangan) untuk mencatat segala proses pengembangan LKPD berbantuan mika, dan lembar validasi oleh empat validator untuk memperoleh data kevalidan dan kepraktisan secara teori, serta lembar angket respon peserta didik untuk memperoleh data kepraktisan secara praktik. Kevalidan dan kepraktisan hasil pengembangan LKPD berbantuan mika berbasis etnomatematika motif batik Madura secara teori telah dinilai oleh empat validator dengan hasil penilaian kevalidan LKPD berbantuan mika berbasis etnomatematika motif batik Madura dinilai “valid” dengan rata-rata total validitas sebesar 4,17 dan hasil penilaian kepraktisan LKPD berbantuan mika telah dinilai “praktis” mendapat rata-rata nilai B “dapat digunakan dengan sedikit revisi”. Serta LKPD berbantuan mika telah dinilai “praktis” secara praktik berdasarkan respon positif peserta didik dengan mendapat nilai presentase 86%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitria, Lilik Irmalitaliliya@gmail.comD74214061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorYudi, Usmanusmanyudiwildan@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik; Etnomatematika batik Madura; Media mika; Transformasi Geometri.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lilik Irma Fitria
Date Deposited: 20 Jul 2021 10:01
Last Modified: 20 Jul 2021 10:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48647

Actions (login required)

View Item View Item