Implementasi pendidikan karakter integral: studi Kasus di SDI Luqman Al Hakim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdausi, Fani Farah (2021) Implementasi pendidikan karakter integral: studi Kasus di SDI Luqman Al Hakim Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fani Farah Firdausi_D03214003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter integral di sekolah SDI Luqman Al Hakim Surabaya meliputi, manajemen sekolah yang berkarakter, integrasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran, pengembangan budaya sekolah berbasis pendidikan karakter, dan kegiatan ekstrakulikuler sebgai wahana pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara dan studi dokumentasi selanjutnya dianalis. Data yang menjadi rujukan bersumber dari profil sekolah, rancangan penbelajaran (RPP) dan hasil wawancara kepada kepala sekolah sebagai informan kunci dan wakil kepala sekolah bagian akademik dan kesiswaan sebagai informan pendukung. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa program pendidikan karakter di SDI Luqman Al Hakim Surabaya meliputi : (1) Kurikulum pembelajaran dengan menggunakan Pembelajaran Integral berbasis Tauhid. (2) Pembiasaan ibadah harian yang terkontrol. (3) Proses PBM yang diikat di dalam manajemen kelas. (4) Kegiatan ekstrakulikuler yang mendukung berkembangnya aspek ruhiyah, jismiyah, aqliyah, ijtimaiyah dan tsaqofiyah. (5) Kegiatan harian siswa baik di sekolah dan dirumah yang termonitoring oleh buku penghubung siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter di lembaga pendidikan harus mencakup berbagai aspek yang menyeluruh (keluarga,sekolah,masyarakat). Dalam penerapannya lembaga sekolah tetap menemui kendalan, tetapi tetap mampu mencari solusinya. Kata

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdausi, Fani Farahfani.farah02@gmail.comD03214003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Keywords: Pendidikan; Karakter Integral.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fani Farah Firdausi
Date Deposited: 20 Jul 2021 03:50
Last Modified: 20 Jul 2021 03:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48681

Actions (login required)

View Item View Item