Kisah Zulqarnain dan Ya'juj wa Ma'juj dalam Al-Qur'an: studi komparatif penafsiran M.Quraish Shihab dan al-Maraghi terhadap surah al-Kahfi ayat 83-95

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoirurroziqin, Khoirurroziqin (2021) Kisah Zulqarnain dan Ya'juj wa Ma'juj dalam Al-Qur'an: studi komparatif penafsiran M.Quraish Shihab dan al-Maraghi terhadap surah al-Kahfi ayat 83-95. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirurroziqin_E03217023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Beragam kisah yang terdapat dalam al-Qur’an, mulai kisah penciptaan bumi hingga alam barzah semua terdapat dalam al-Qur’an yang membutuhkan penafsiran untuk mengungkap pemahamannya. Surah al-Kahfi memiliki beragam cerita yang menarik, dalam pembahasan ini penulis membahas tentang kisah Zulqarnain dan Ya’juj wa Ma’juj dalam pandangan penafsiran dari M. Quraish Shihab dan al-Maraghi.Dalam penulisan ini akan memaparkan Ya’juj wa Ma’juj sebagai permasalahan utama. Terkait dengan perjalanan yang dilakukan oleh Zulqarnain dalam menemukan Ya’juj wa Ma'ju’ dan bagaimana pandangan penafsiran dari Quraish Shihab dan al-Maraghi tentang kisah Zulqarnain dan Ya’juj wa Ma’juj serta persamaan dan perbedaan dari pandangan penafsiran kedua mufasir tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan tafsir Maudhui yang dirasa relevan untuk ilmu penelitian yang terkait dengan tema yang di unggah. Menyajikan dua penafsiran dari Quraish Shihab dan al-Maraghi untuk di komparasikan sehingga mendapatkan persamaan dan perbedaan dari penafsiran keduanya.Ya’juj wa Ma’juj adalah golongan kaum yang membuat kerusakan yang sudah di jelaskan dalam al-Qur’an surah al-Kahfi ayat 94. Mereka adalah sosok yang dikurung oleh Zulqarnain dalam pengembaraannya mengelilingi bumi. Menurut ulama’ ahli tafsir Ya’juj wa Ma’juj berasal dari dua bangsa besar yaitu Tartar dan Mongol dan masih keturunan Nabi Adam as.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoirurroziqin, Khoirurroziqinkhoirurroziqin131@gmail.comE03217023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholid, Abd.a.kholid@gmail.ac.id2002026501
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Ya’juj wa Ma’juj; Zulqarnain; Tembok pembatas.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Khoirurroziqin Khoirurroziqin
Date Deposited: 20 Jul 2021 09:45
Last Modified: 20 Jul 2021 09:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48688

Actions (login required)

View Item View Item