Peran pendampingan orang tua dalam membangun kepercayaan diri anak usia dini saat pandemi Covid-19: studi kasus di TK Muslimat Jl. Jemur Wonosari Lebar 66 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Nunung Rodiyatu (2021) Peran pendampingan orang tua dalam membangun kepercayaan diri anak usia dini saat pandemi Covid-19: studi kasus di TK Muslimat Jl. Jemur Wonosari Lebar 66 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nunung Rodiyatu Sholikhah_ D09217018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya pola pendampingan orang tua yang dapat membangun kepercayaan diri anak saat pandemi Covid-19. Pendampingan orang tua yang dilakukan saat pandemi sangat penting untuk dilakukan dengan harapan perkembangan anak berkembang dengan baik meskipun aktivitas belajar dilaksanakan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pola pendampingan orang tua dalam membangun kepercayaan diri anak usia dini saat pandemi covid-19 (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendampingan orang tua dalam membangun kepercayaan diri anak usia dini saat pandemi covid-19. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan analisis data deskriptif. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, perpanjangan pengamatan dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pola pendampingan orang tua dalam membangun kepercayaan diri anak usia dini saat pandemi meliputi (a) Orang tua menjadi pendengar yang baik, (b) Orang tua selalu menunjukkan sikap menghargai, (c) Orang tua memberikan kesempatan anak untuk melakukan pekerjaan membantu orang lain, (d) Orang tua membiarkan anak melakukan sendiri apa yang sudah bisa dilakukan, (e) Orang tua memupuk minat dan bakat anak, (f) Orang tua memberikan kesempatan berkumpul dengan orang dewasa. (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Pendampingan Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19 Di TK Muslimat Jl. Jemur Wonosari Lebar 66 Surabaya yaitu: (a) faktor pendukung terdiri dua faktor, meliputi (1) Adanya Kesadaran Orang Tua Dalam Mendidik Anak, (2) Adanya Kepedulian Antar Anggota Keluarga. (b) faktor penghambat terdiri dari dua faktor, meliputi (1) Tanpa Adanya Kesabaran Dari Orang Tua, (2) Tanpa Adanya Sikap Kebijaksanaan Orang Tua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, Nunung Rodiyatusholihahnunung085@gmail.comD09217018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorDwijo, Al-Qudus Nofiandri Eko Sucipto--197311162007101001
Subjects: Bimbingan
Keluarga > Keluarga - Anak
Anak > Kepribadian
Keywords: Peran Pendampingan Orang Tua; Kepercayaan Diri Anak Usia Dini; Masa Pandemi Covid-19.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Nunung Sholikhah
Date Deposited: 20 Jul 2021 12:07
Last Modified: 20 Jul 2021 12:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48695

Actions (login required)

View Item View Item