Analisis kualitas air dan daya tampung beban pencemaran di Kali Jagir Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawaddati, Izdiyadatu (2021) Analisis kualitas air dan daya tampung beban pencemaran di Kali Jagir Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izdiyadatu Mawaddati_H95214026.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sungai merupakan sistem yang sangat dinamis, dimana kualitas air dapat berubah-ubah dari hulu hingga hilir bergantung pada aktivitas di sekitar badan perairan. Kegiatan di kawasan badan perairan seperti permukiman, industri dan pertanian berdampak pada masuknya bahan pencemar ke aliran sungai. Perhitungan daya tampung beban pencemaran dilakukan sebagai dasar dalam pengelolaan sungai untuk perbaikan kondisi lingkungan. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kualitas air dan daya tampung beban.pencemaran terhadap.parameter air di Kali Jagir Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental melalui pengukuran mutu air badan air Kali Jagir Kota Surabaya yang dipantau melalui uji sampel air pada 3 stasiun. Penentuan pengambilan titik sampel air menggunakan metode purposive sampling. Pengukuran kualitas air dibandingkan dengan baku mutu air nasional Kelas III menurut PP No. 22 Tahun 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas air Kali Jagir Surabaya berdasarkan parameter pH dan DO sudah memenuhi standar baku mutu air kelas III. Namun pada parameter BOD dan COD, kualitas air menunjukkan nilai dibawah baku mutu air kelas III, yaitu pada stasiun 1 dan stasiun 3 pengambilan sampel. Parameter TSS memiliki nilai tertinggi dari parameter lainnya pada ketiga stasiun. Sedangkan hasil nilai beban pencemaran Kali Jagir Surabaya telah melebihi daya tampung beban pencemaran maksimal yang dapat diterima oleh badan air, dengan total beban pencemaran 12.360.924,86 kg/hari untuk parameter TSS, parameter BOD sebesar 259.169,08 kg/hari, dan parameter COD sebesar 6.455.103,32 kg/hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawaddati, Izdiyadatuizdydaty@gmail.comH95214026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunfarida, Idamunfarida@uinsby.ac.id198411302015032001
Thesis advisorHakim, Abdulabdul.hakim@uinsby.ac.id2006088001
Subjects: Lingkungan Hidup
Teknik Lingkungan
Keywords: sungai; kualitas air; daya tampung beban pencemaran.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Izdiyadatu Mawaddati
Date Deposited: 20 Jul 2021 06:28
Last Modified: 20 Jul 2021 06:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48696

Actions (login required)

View Item View Item