تأثير استخدام كتاب متن الآجرومية في ضوء المدخل الاستنتاجي نحو ترقية مهارة الكتابة لدى تلاميذ الفصل السابع بمدرسة الغرباء المتوسطة الإسلامية ضمفو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardiansyah, Muhammad (2021) تأثير استخدام كتاب متن الآجرومية في ضوء المدخل الاستنتاجي نحو ترقية مهارة الكتابة لدى تلاميذ الفصل السابع بمدرسة الغرباء المتوسطة الإسلامية ضمفو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ardiansyah_D92217062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Satu dari sekian banyak masalah dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Arab pada orang asing (Non-Arab) adalah masalah pada qawaidun nahwi dan keterampilan menulis. Dan sebagaimana diketahui bahwa masalah pada kemampuan keterampilan menulis bahasa Arab berkaitan dengan pemahaman siswa pada nahwu. Salah satu metode yang dimungkinkan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan menulis siswa adalah dengan melakukan penerapan Kitab Matan Jurumiyah dengan pendekatan deduktif dengan tujuan meningkatkan kemampuan keterampilan menulis siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al-Ghuraba sebelum penerapan kitab matan jurumiyah dengan pendekatan deduktif (2) untuk mengetahui kemampuan keterampilan menulis bahasa Arab siswakelas VII MTs Al-Ghuraba setalah penerapan kitab matan jurumiyah dengan pendekatan deduktif (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan Kitab matan Jurumiyah dengan pendekatan deduktif terhadap kemampuan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al-Ghuraba. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperiment. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah (1) kemampuan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al-Ghuraba sebelum penerapan kitab matan jurumiyah dengan pendekatan deduktif adalah cukup (2) kemampuan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al-Ghuraba setalah sebelum penerapan kitab matan jurumiyah dengan pendekatan deduktif adalah sangat baik (3) terdapat pengaruh penerapan kitab matan jurumiyah dengan pendekatan deduktif terhadap kemampuan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al-Ghuraba.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardiansyah, Muhammadardiansyahmuhammad146@gmail.comD92217062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholehan, Sholehansholehan_tarbiyah@yahoo.com2004115901
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah@uinsby.ac.id2028097802
Subjects: Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Keywords: Kitab Matan Al Jurumiyyah; Pendekatan Deduktif; Maharah Kitabah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Ardiansyah
Date Deposited: 17 Jul 2021 14:11
Last Modified: 17 Jul 2021 14:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48703

Actions (login required)

View Item View Item