A. Mukti Ali dan lahirnya konsep agreement in disagreement

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mujianto, Figa Galu (2021) A. Mukti Ali dan lahirnya konsep agreement in disagreement. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Figa Galu Mujianto_A92216074.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam Skripsi ini membahas mengenai “A. Mukti Ali dan Lahirnya konsep Agreement and Disagreement” dengan fokus penelitian pada tiga permasalahan 1) latar belakang intelektual A. Mukti Ali 2) pemikiran A. Mukti Ali mengenai konsep Agreement in disagreement 3) penerapan pemikiran A. Mukti Ali mengenai konsep Agreement in disagreement dalam kehidupan umat beragama di Indonesia.Penelitian ini menggunakan pendekatan historis dan pendekatan sosial. Penggunaan pendekatan historis untuk menjelaskan riwayat hidup A. Mukti Ali baik yang menyangkut kepribadiannya, pendidikan, karier serta pemikirannya. Sedangkan, penggunaan pendekatan sosial untuk menjelaskan proses pemikiran, konteks pemikiran, dan hubungannya dengan kehidupan masyarakat. Adapun teori yang digunakan yaitu teori hukum tiga tahap (law of three stages) Auguste Comte. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang umum digunakan dimana terdiri dari beberapa tahapan, antara lain heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan terakhir historiografi. Dari penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa 1) A. Mukti Ali adalah tokoh pembaharu pemikiran Islam modern yang merupakan anak dari pasangan Abu Ali dan Khadijah. Ia lahir pada 23 Agustus 1923 di Cepu, Blora, Jawa Tengah. Ia dikenal dengan pemikriannya yang tegas serta diaggap ahli dalam urusan Perbandingan Agama bahkan ia digelari sebagai “Bapak perbandingan agama” dan bahkan perna menjabat sebagai Mentri Agama RI atas latar belakangnya tersebut. 2) A. Mukti Ali dikenal sebagai seorang Intelektual sekaligus pemikir moderat yang beroreantasi kearah pembaharuan hal ini dapat terlihat pada konsep pemikirannya Agreement in disagreement yang pada intinya menekankan kebebasan dalam berkeyakinan untuk menghindari konflik atau pertentangan terhadap kemajemukan. 3) Pemikiran A. Mukti Ali khususnya dalam mencapai kerukunan umat beragama menyentuh dua aspek yakni aspek keilmuan dan aspek relasi sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mujianto, Figa Galualvatih2@gmail.comA92216074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, Achmadzuhdidh@gmail.com2011106101
Subjects: Islam > Islam, Pembaharuan
Konflik sosial
Sosiologi Islam
Keywords: A. Mukti Ali; Pembaharu Islam; kerukunan umat beragama.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: FIGA GALU MUJIANTO
Date Deposited: 23 Jul 2021 13:33
Last Modified: 23 Jul 2021 13:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48706

Actions (login required)

View Item View Item