Partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di MI Darus Salam Desa Pesanggrahan Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muniroh, Zakiyatul (2021) Partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di MI Darus Salam Desa Pesanggrahan Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zakiyatul Muniroh_D91217075.pdf

Download (2MB)

Abstract

Partisipasi masyarakat merupakan peran serta atau keikutsertaan dan keterlibatan seseorang secara perseorangan atau berkelompok dalam suatu kegiatan. Masyarakat memiliki hak dan kewajiban dalam penyelenggaraan pendidikan. Adapun kewajibannya adalah memberikan dukungan sumber daya dalam penyelenggaraan pendidikan. Proses pendidikan dipengaruhi oleh adanya lingkungan masyarakat yang kondusif. Artinya lingkungan masyarakat juga memiliki peranan dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam dan Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah Darus Salam Desa Pesanggraham Kecamatan Kwanyar Kabuparen Bangkalan? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sumber data yang diambil adalah meliputi literatur, sumber data lapangan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Subyek penelitian kepala sekolah, yayasan dan masyarakat sekitar dalam hal ini wali murid Madrasah Ibtidaiyah Darus Salam Desa Pesanggrahan Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan Dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: 1) bagaimana partisipasi masyarakat dalam upaya peningkatan Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Darus Salam Desa Pesanggrahan Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan? 2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam upaya peningkatan Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Darus Salam Desa Pesanggrahan Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan? Hasil penelitian ini adalah pasrtisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Darus Salam Desa Pesanggrahan Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan dapat dilihat dari partisipasi dalam pendanaaan dan sarana prasarana pendidikan agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muniroh, Zakiyatulzakiyatulmuniroh21@gmail.comD91217075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorMustofa, Muhammadmustofahuda819@gmail.com2012025701
Subjects: Masyarakat
Pendidikan
Keywords: Partisi[pasi masyarakat; kualitas pendidikan agama Islam
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zakiyatul Muniroh
Date Deposited: 22 Jul 2021 14:03
Last Modified: 22 Jul 2021 14:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48711

Actions (login required)

View Item View Item