Study implementasi full day school di sekolah dasar islam terpadu al ummah jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Ayu Novita (2021) Study implementasi full day school di sekolah dasar islam terpadu al ummah jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Novita Putri_D93215038.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tahapan-tahapannya meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teori Full Day School oleh Nor Hasan menjadi pisau analisis dalam penelitian ini. Dari penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Ummah dalam mengiplementasikan full day school menerapkan pengaturan jadwal mata pelajaran dengan menggabungkan kurikulum K13 dengan sistem full day school dan kurikulum tilawati untuk pelajaran mengaji, strategi pembelajaran melalui kretivitas ide para guru, serta sarana dan prasarana yang memadai serta menyeimbangkan antara kegiatan outdoor dan indoor. 2) Dalam menjalankan sistem full day school, Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Ummah memiliki faktor pendukung berupa manajemen serta administrasi sarana dan prasarana yang menghubungkan langsung dengan kegiatan sekolah, sedangkan faktor penghambatnya adalah kekurangan Laboratorium IPA dan siswa rentan mengalami kelelahan. 3) Mengatasi permasalahan tersebut, Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Ummah senantiasa memperbaiki jadwal mata pelajaran, melakukan evaluasi terhadap strategi atau metode pembelajaran, serta melengkapi manajemen, sarana dan prasarana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Ayu Novitaayunovitaputri111@gmail.comD93215038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@gmail.com2002087303
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: SDIT Al Ummah; Full Day School; Kualitatif.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: AYU NOVITA AYU NOVITA
Date Deposited: 22 Jul 2021 14:47
Last Modified: 22 Jul 2021 14:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48724

Actions (login required)

View Item View Item