Peran orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar tematik siswa Kelas Vi B di MIN 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mayzuroh, Efa (2021) Peran orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar tematik siswa Kelas Vi B di MIN 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Efa Mayzuroh_D97217045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan sebuah peran orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak. Dimana kita ketahui bahwa pada saat ini terjadi hambatan yang begitu banyak yakni salah satunya kurangnya sebuah motivasi anak untuk belajar, hal ini akan menjadi sebuah kendala pada anak dalam meraih cita-citanya kelak. Ini menjadi sebuah tantangan kedepannya karena saat ini semua serba sulit khususnya di MIN 1 Lamongan yang saat ini proses belajar mengajar harus dilaksanakan secara daring karena sedang terjadi pandemic Covid-19. Untuk rumusan masalah dalam penelitian ini yakni : 1) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas VI B pada mata pelajaran tematik di MIN 1 Lamongan? 2) Bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI B pada mata pelajaran tematik di MIN 1 Lamongan? Untuk penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dan penyajian data menggunakan deskriptif kualitatif. Untuk teknik pengumpulan datanya angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar observasi guru, orangtua, dan siswa serta lembar wawancara kepala sekolah, guru, orangtua dan siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran tematik masih dikatakan rendah dengan total mendapat nilai motivasi sebesar 53 (rendah) hal ini disebabkan karena siswa lebih sering bermain game online, anak lebih sering bermain di luar dengan temannya daripada belajar di rumah, dan anak lebih sering bermain handphone menggunakan aplikasi yang di dalamnya. Salah satunya yakni sosial media. Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran tematik sudah dikatakan baik terlihat orangtua sudah melakukan perannya dengan baik diantaranya memberi semangat anak dengan cara memoniter daftar kegiatan dan tugas anak, baik itu sholat, mengaji atau sekolah, mengatur jadwal anak supaya anak tidak lengah dalam belajar, membatas jam pada saat bermain handphone, mengajak anak untuk bersosialisasi di luar rumah, mengawasi dalam belajar dan juga mengawasi dalam pergaulannya, dan memberi masukan kepada anak jika hasil belajar yang diperoleh belum maksimal. Peran ini harus dilaikan secara teratur supaya siswa merasa diperhatikan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mayzuroh, Efaefamayzuroh@gamil.comD97217045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@gamil.com2022076802
Subjects: Pendidikan
Keywords: Peran orang tua; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: efa mayzuroh
Date Deposited: 22 Jul 2021 13:21
Last Modified: 22 Jul 2021 13:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48726

Actions (login required)

View Item View Item