Makna Agama dalam Kontestasi Pilkada Sidoarjo 2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Gitri Eka Wulan (2021) Makna Agama dalam Kontestasi Pilkada Sidoarjo 2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gitri Eka Wulan Sari_E92217069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan varian studi kasus. Metode pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis versi John W. Creswell terdiri dari pengolahan data, membaca keseluruhan data, mengcoding data, menerapkan proses coding, menghubungkan tema-tema terkait dalam bentuk narasi atau laporan dan kemudian menginterpretasikan data. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data tediri dari uji derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori tindakan sosial milik Max Weber serta beberapa teori yang relevan mengenai hubungan agama dan politik. Temuan dalam penelitian ini adalah agama dimaknai oleh penyelenggara pilkada sebagai (rasionalitas instrumental) karena tindakannya lebih mengedepankan manfaat setelah melakukan nilai-nilai tertentu serta membutuhkan aktualisasi dalam mencapai inti dari dari persoalan yang lebih spesifik dan terstruktur. Sedangkan peserta Pilkada, kususnya kandidat memaknai agama sebagai (rasionalitas nilai) dan tim sukses memaknai agama sebagai (rasionalitas instrumental) karena menggunakan unsur-unsur agama dalam berkampanye. Adapun pemilih memaknai agama sebagai (rasionalitas nilai) karena hanya memperhitungkan manfaat namun tujuannya tidak terlalu dipertimbangkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Gitri Eka Wulangitriekaw@gmail.comE92217069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwarko, Andiandisuwarko1974@gmail.com2010117401
Subjects: Agama
Politik
Keywords: Makna Agama; Pilkada.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Gitri Eka Wulan Sari
Date Deposited: 22 Jul 2021 07:53
Last Modified: 22 Jul 2021 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48729

Actions (login required)

View Item View Item