Penerapan pembelajaran berbasis steam (science, technology, engineering, art, mathematics) pada anak usia 3-4 tahun di KB Al-Amar Ngoro Jombang dalam masa pandemi covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Ziadatul (2021) Penerapan pembelajaran berbasis steam (science, technology, engineering, art, mathematics) pada anak usia 3-4 tahun di KB Al-Amar Ngoro Jombang dalam masa pandemi covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ziadatul Maghfiroh_D99217054.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya inovasi pembelajaran STEAM yang mulai diterapkan di Indonesia. Pembelajaran STEAM dilaksanakan secara daring (online) mengingat penyebaran covid-19 yang masih tinggi. Proses pembelajaran daring diharapkan tetap memberi dampak yang baik dalam perkembangan anak. karena pembelajaran daring mempunyai waktu yang lebih fleksibel untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran STEAM pada anak usia 3-4 tahun di KB Al-Amar Jombang dalam masa pandemi Covid-19 (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran STEAM pada anak usia 3-4 tahun di KB Al-Amar Ngoro Jombang dalam masa pandemi Covid-19 (3) mengetahui usaha yang dilakukan sekolah dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi selama penerapan pembelajaran STEAM pada anak usia 3-4 tahun di KB Al-Amar Ngoro Jombang dalam masa pandemi covid-19. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul selanjutnya adalah proses analisis data yang meliputi teknik pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan pembelajaran berbasis STEAM pada anak usia 3-4 tahun selama masa pandemi covid-19 sudah cukup baik, hal ini sesuai dengan tabel tingkat keberhasilan pembelajaran STEAM yang telah dibuat KB Al-Amar, yang mana anak-anak perlu didorong lagi agar mampu mengikuti pembelajaran STEAM sesuai yang diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Ziadatulziadatulmaghfiroh98@gmail.comD99217054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotin--2006067301
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran STEAM; Kegiatan Pembelajaran Anak Usia 3-4 Tahun Masa pandemi Covid-19.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ziadatul Maghfiroh
Date Deposited: 22 Jul 2021 07:37
Last Modified: 22 Jul 2021 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48740

Actions (login required)

View Item View Item