Pengaruh penggunaan aplikasi quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran daring IPA kelas V MIN 1 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haryati, Intan (2021) Pengaruh penggunaan aplikasi quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran daring IPA kelas V MIN 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Haryati_D07217010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahya motivasi belajar IPA peserta didik kelas V MIN 1 Kota Surabaya. Hal tersebut terjadi akibat kurang up to datenya guru dalam menggunakan aplikasi interaktif pada saat pembelajaran daring. Hal ini yang menyebabkan proses belajar menjadi tidak efektif sehingga menimbulkan perasaan jenuh dan bosan bagi peserta didik. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk membantu meningkatkan motivasi belajar peserta didik ialah dengan menggunakan aplikasi Quizizz. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran daring IPA kelas V MIN 1 Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis hipotesis pada penelitian ini menggunakan Independent Sampel t-Test. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 66 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil nilai angket peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz berpengaruh terhadap motivasi belajar IPA peserta didik kelas V MIN 1 Kota Surabaya. Hal ini berdasarkan hasil analisis data melalui uji Independent sampel t-Test diperoleh nilai signifikansi 0,004 kurang dari 0,05 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat diartikan bahwa variabel X (penggunaan aplikasi Quizizz) berpengaruh terhadap variabel Y (motivasi belajar peserta didik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haryati, Intanintanharyati1@gmail.comD07217010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwe@rocketmail.com2015127201
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Aplikasi Quizizz; Motivasi Belajar; IPA.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Intan Haryati
Date Deposited: 22 Jul 2021 07:00
Last Modified: 22 Jul 2021 07:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48753

Actions (login required)

View Item View Item