Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran interaktif Nearpod pada masa pandemi COVID-19 terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di MIN 1 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faradisa, Fadwa (2021) Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran interaktif Nearpod pada masa pandemi COVID-19 terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di MIN 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadwa Faradisa_D97217090.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 yang berlangsung hanya menekankan pada penugasan dan penilaian. Peserta didik tidak dapat terlibat secara aktif selama proses pembelajaran. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar peserta didik yang cukup rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran interaktif Nearpod pada masa pandemi COVID-19 dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V MIN 1 kota Surabaya. 2) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran interaktif Nearpod pada masa pandemi COVID-19 terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di MIN 1 kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan desain quasi experimental. Sampel pada penelitian ini masing-masing berjumlah 33 peserta didik baik pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes tulis, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis hasil observasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemanfaatan media pembelajaran interaktif Nearpod terlaksana dengan baik, sejalan dengan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan. Dibuktikan dengan kriteria keberhasilan keterlaksanaan media pembelajaran pada kategori baik serta hasil belajar mengalami peningkatan yaitu dari rata-rata awal hasil belajar sebesar 55,85 menjadi 73,52. 2) Hasil perhitungan yang telah dilakukan pada penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara pemanfaatan media pembelajaran interaktif Nearpod pada masa pandemi COVID-19 dengan hasil belajar peserta didik kelas V di MIN 1 Kota Surabaya. Hal ini dapat dilihat dari hasil thitung yang lebih besar dari ttabel, yaitu thitung = 6,054 > ttabel = 1,695. Selain itu, adanya pengaruh pemanfaatan media pembelajaran interaktif Nearpod (X) terhadap hasil belajar peserta didik (Y) juga dapat dilihat dari signifikansi yang didapatkan pada uji independent sample t-test sebesar 0,000 atau ditulis dengan 0,00 yang kurang dari 0,05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faradisa, Fadwafadwafaradisa16@gmail.comD97217090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlir-2022076802
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil Belajar; Media Pembelajaran Interaktif Nearpod.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fadwa Faradisa
Date Deposited: 24 Jul 2021 13:06
Last Modified: 24 Jul 2021 13:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48756

Actions (login required)

View Item View Item