Upaya guru fikih dalam meningkatkan keterampilan siswa merawat jenazah di Kelas X MAN 2 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridlwana, Puja Atma (2021) Upaya guru fikih dalam meningkatkan keterampilan siswa merawat jenazah di Kelas X MAN 2 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Puja Atma Ridlwana_D91217065.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam adalah satu dari sekian banyak mata pelajaran di Sekolah maupun Madrasah, Pendidkan Agama Islam memiliki ciri khas kurikulum diantaranya yang paling menonjol ialah mempunyai unsur sosial kemasyarakatan. Adapun salah satu materi dalam Pendidikan agama Islam yang mengandung nilai sosial kemasyarakatan dan menuntut penekanan pada aspek afeksi dan praktik adalah merawat jenazah, yang merupakan materi ibadah dalam mata pelajaran Fikih, dalam materi ini setiap siswa dituntut mampu dan terampil untuk menerapkannya. Ini lah yang menjadi latar belakang penulis untuk mengambil focus mengeni upaya guru fikih dalam meningkatkan keterampilan siswa merawat jenazah. Beberapa permasalahan yang penulis gai dalam penelitian ini diantaranya: (1) Bagaimana proses pembelajaran yang dilakukan guru Fikih dalam materi perawatan jenazah di kelas X MAN 2 Lamongan. (2) Bagimana upaya guru Fikih dalam meningkatkan keterampilan siswa merawat jenazah di kelas X MAN 2 Lamongan. (3) Bagaimana kebijakan khusus kurikulum mengenai upaya guru Fikih dalam meningkatkan keterampilan siswa merawat jenazah di kelas X MAN 2 Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa deskriptif yang terdiri dari tiga alur, yakni reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pembelajaran yang dilakukan guru Fikih sudah baik dengan metode ceramah, Tanya jawab, demonstrasi dan praktek. Yang dilakukan dengan memanfaatkan media pembelajaran seperti lcd proyektor dan juga boneka peraga untuk praktek. (2) Upaya guru Fikih dalam meningkatkan keterampilan siswa dilakukan dengan memaksimalkan proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Adapun dari kegiatan sekolah sendiri juga mengadakan pondok romadhon yang didalamnya terdapat materi praktek merawat jenazah di kellas XII dan di kelas XII juga ada ujian praktek merawat jenazah untuk kelulusan. (3) Tidak ada aturan khusus dari waka kurikulum yang mengharuskan guru Fikih untuk menggunakan cara tertentu, tetapi guru diberikan kebebasan dalam melakukan pembelajaran khusunya meningkatka upaya keterampilan siswa dalam merawat jenazah.
Kata kunci ; Merawat jenazah, guru Fikih

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridlwana, Puja Atmapujaatmaridlwana@gmail.comD91217065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Moch.mochtolchah@yahoo.com2005035301
Thesis advisorChanna AW, Liliek Channalilikchanna@gmail.com2018126701
Subjects: Fikih > Jenazah
Keterampilan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Keywords: Merawat jenazah; Jenazah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Puja Atma Ridlwana
Date Deposited: 23 Jul 2021 05:06
Last Modified: 23 Jul 2021 05:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48763

Actions (login required)

View Item View Item