Mengumumkan berita kematian: kajian mukhtalif hadis dalam kitab sunan al- tirmidhi no. indeks 986 dan al- nasa’i no.indeks 1878

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falikhin, Mohamad Dahlil (2021) Mengumumkan berita kematian: kajian mukhtalif hadis dalam kitab sunan al- tirmidhi no. indeks 986 dan al- nasa’i no.indeks 1878. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohamad Dahlil Falikhin E95216069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan model kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang memaparkan data hadis dalam kitab sunan al- Tirmidhi 986 dan sunan al- Nasa’i 1878 yang bertentangan didukung dengan syarah hadis, sedangkan pengumpulan data mengunakan metode kepustakaan.Kesimpulan dalam penelitian ini berupa analisis kehujjahan dari hadis al- Tirmidhi no 986 dengan al- Nasa’i no 1878 baik dari sanad maupun matan hadis yang memperoleh hasil hadis dari al- Nasa’i no 1878 dapat berstatus shahih dan dapat dijadikan hujjah sedangkan dari imam al- Tirmidhi no 986 juga berstatus shahih dan dapat dijadikan hujjah, selanjutnya dilakukan penelitian mukhtalif hadis menggunkan metode al- Jam’u yaitu mengkompromikan dua hadis shahih dari hadis imam al- Tirmidhi no 986 dan al- Nasa’i no 1878 dan dilakukan implikasi hadis riwayat Tirmidhi no.986 tentang hadis mengumumkan berita kematian menimbulkan tidak tersampainya informasi cepat dan akurat menimbulkan sedikitnya masyarakat yang datang membantu proses mengurus jenazah dan mendoakannya serta lambatnya mengurus jenazah yang meninggal dunia, sedangkan implikasi dari hadis sunan al- Nasa’i adalah melakukan mengumumkan berita kematian dengan baik dan benar hal itu memberikan dampak positif diantaranya cepat dan akuratnya informasi ke masyarakat, banyaknya masyarakat yang datang mendoakan dan menshalati jenazah, serta cepatnya proses dalam mengurus jenazah hingga menguburkannya. Akantetapi padamasa sekarang tidak ditemukannya praktek mengumumkan berita kematian seperti pada masa jahiliah, dan sudah dilakukan sesuai dengan ajaran islam dengan cara yang baik dan benar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falikhin, Mohamad Dahlilambahlek25@gmail.comE95216069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFadlilah, Nurnurfadlilah.uinsa@gmail.com2031015801
Subjects: Kematian
Keywords: Mengumumkan berita kematian; Mukhtalif hadis.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: mohamad dahlil falikhin
Date Deposited: 22 Jul 2021 11:50
Last Modified: 22 Jul 2021 11:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48766

Actions (login required)

View Item View Item