Tinjauan wizarah dalam fiqh siyasah terhadap penerapan Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 1 Tahun 2018 tentang pengelolaan parkir di wilayah Pasar Rakyat Watutulis Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahadiansyah, Deriangga Arrahmad (2021) Tinjauan wizarah dalam fiqh siyasah terhadap penerapan Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 1 Tahun 2018 tentang pengelolaan parkir di wilayah Pasar Rakyat Watutulis Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Deriangga Arrahmad Rahadiansyah_C04217010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan ini termasuk penelitian lapangan (field research). Langkah-langkah yang dilakukan yaitu, observasi, dokumentasi dan wawancara dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perhubungan dan Pengelola Pasar Rakyat Watutulis. Analisis yang digunakan yaitu deskrptif kualitatif yang merupakan deskripsi terhadap gambaran mengenai objek penelitian yang dihubungkan dengan permasalahan yang terjadi dilapangan dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan Kementrian Perhubungan yang memiliki kewenangan mengelola parkir, dalam persfektif fiqh siyasah kewenangan yang sama terdapat pada Wazir al-Tafwidh karena kementrian adalah pembantu kepala negara dalam hal pemerintahan. Dalam wilayah kabupaten terdapat Dinas Perhubungan yang dimana turunan dari Kementrian Perhubungan yang salah satu tugasnya mengelola parkir. Dalam observasi yang peneliti lakukan Pengelolaan parkir di wilayah pasar rakyat Watutulis masih terdapat pelanggaran dan oknum tidak bertanggung jawab yang berdampak pada bocornya pendapatan asli daerah. Setelah peneliti melakukan wawancara ada dua faktor yang menyebabkan permasalahan tersebut: pertama, kurangnya sumber daya manusia dan yang kedua tidak adanya teknologi penunjang pengawasan perparkiran. Kesimpulannya peneliti mengharapkan agar Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Dinas Perhubungan dapat menjalin kerjasama dengan cara merevitalisasi pasar menggunakan sistem one gate dan menindak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab agar pengelolaan parkir di wilayah pasar Watutulis memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Kabupaten Sidoarjo melalui retribusi parkir yang di setorkan ke Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahadiansyah, Deriangga Arrahmaddiyensyahderryar98@gmail.comC04217010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohmad, Ahmad Khubby Aligoesbobby@gmail.com2020097801
Subjects: Kebijakan Publik
Keywords: Pengelolaan Parkir; Parkir.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Deriangga Rahadiansyah
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:09
Last Modified: 26 Jul 2021 03:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48768

Actions (login required)

View Item View Item