Kajian hadis maudhu’i tentang mendidik anak tanpa kekerasan dengan melalui pendekatan ilmu psikologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Zulfa Ma'rifatul (2021) Kajian hadis maudhu’i tentang mendidik anak tanpa kekerasan dengan melalui pendekatan ilmu psikologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulfa Ma'rifatul Azizah_E05217015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi saat ini ialah maraknya penularan virus Covid-19 yang terus mengintai siapa saja di luar rumah. Namun, untuk tetap berada di dalam rumah saja juga tak sepenuhnya aman. Sebab, kekerasan terhadap anak yang dilakukan orang-orang terdekat terus meningkat selama di rumah. Kekerasan pun juga turut menyerang kesehatan mental anak-anak selama pandemi berlangsung. Angka kekerasan terhadap anak tinggi di masa pandemi, anak-anak juga sering menjadi korban ledakan emosi orangtua. Ekspresi amarah yang berlebihan sebagai solusi pelarian masalah sering ditumpahkan orangtua terhadap anaknya. Dalam menjawab kajian tersebut, penelitian ini akan menggunakan metodologi penelitian. Adapun model penelitian dalam kajian ini menggunakan model kualitatif. Sedangkan, metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan dalam analisisnya pun menggunakan metode analisis deskriptif untuk menggambarkan dan menganalisis data. Teknik pengumpulan data hadis diperoleh melalui kajian library research atau studi kepustakaan dengan memaparkan hadis-hadis tentang mendidik anak tanpa kekerasan melalui hadis-hadis yang setema. Hadis-hadis tersebut akan dikaji dari segi kualitas, kehujjahan, pemaknaan, dan implikasinya. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui kualitas hadis-hadis tentang mendidik anak dan untuk mengetahui pemaknaan hadis-hadis tersebut. Kesimpulan dari kajian ini yaitu hadis-hadis tentang mendidik anak tanpa kekerasan yakni s}ah}ih meskipun terdapat satu hadis yang berstatus dhaif dari sisi sanad, kedhaifan tersebut terletak pada al-H}a>rith ibn al-Na’ma>n dan Sa’id ibn ‘Uma>rah. Dari berbagai komentar para ulama ahli kritik hadis, kedua perawi tersebut merupakan perawi yang memiliki kejanggalan sehingga hadis yang diriwayatkan juga dinilai lemah. Akan tetapi pemaparan hadis tersebut sesuai dengan teori dalam mendidik anak. Kata kunci : Mendidik anak, Kekerasan, Hadis

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Zulfa Ma'rifatulzulfafaazizah@gmail.comE05217015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlmiyah, Dakhirotuldakhirotulilmiyah74@gmail.com2007027401
Subjects: Kekerasan
Psikologi > Psikologi Anak
Hadis
Keywords: Mendidik anak; hadis maudhu'i; psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Zulfa Ma'rifatul Azizah
Date Deposited: 23 Jul 2021 03:55
Last Modified: 23 Jul 2021 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48827

Actions (login required)

View Item View Item