Tagar #womenneedkhilafah sebagai propaganda Islamisme di media sosial twitter

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chasanah, Alifatul Lusiana Uswatun (2021) Tagar #womenneedkhilafah sebagai propaganda Islamisme di media sosial twitter. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alifatul Lusiana Uswatun Chasanah_E91217064.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi era modern mempengaruhi berbagai aspek kehidupan di Indonesia, salah satunya ialah mudahnya penyebaran informasi hingga kampanye dan propaganda politik Islamisme di media sosial. Mengingat semakin maraknya gerakan-gerakan propaganda Islamisme di ruang digital, sedangkan Indonesia adalah negara kesatuan republik yang secara final menggunakan Pancasila sebagai ideologi negara. Maka penelitian ini dirasa perlu untuk mengetahui penggunaan tagar #womenneedkilafah sebagai strategi propaganda Islamisme melalui media sosial twitter dan untuk mengetahui bangunan pengetahuan dan relasi kuasa yang terbentuk dibalik tagar #womenneedkhilafah. Dengan menggunakan metode penelitian kajian kepustakaan, penelitian ini menganalisa penyebaran ideologi Islamisme di media sosial twitter menggunakan perspektif arkeologi dan genealogi Michel Foucault dan memperoleh temuan bangunan pengetahuan yang terstruktur dibalik tagar #womenneedkhilafah dan bentukan relasi kuasa melalui kontrol moral berupa adanya diskusi dan publikasi narasi kajian Islamisme terhadap para muslimah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chasanah, Alifatul Lusiana Uswatunlusiana2509@gmail.comE91217064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, Mukhammadmukhammadzamzami@gmail.com2015098101
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam
Ideologi Islam
Keywords: Islamisme; arekologi; genealogi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Alifatul Lusiana Uswatun Chasanah
Date Deposited: 23 Jul 2021 08:55
Last Modified: 23 Jul 2021 08:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48839

Actions (login required)

View Item View Item