Pengaruh metode permainan bisik berantai terhadap sikap nasionalisme di kelompok B TKM NU 74 Roudlotul Jannah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahyuni, Alma'atus (2021) Pengaruh metode permainan bisik berantai terhadap sikap nasionalisme di kelompok B TKM NU 74 Roudlotul Jannah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alma'atus Fahyuni_D99217056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di TKM NU 74 Roudlotul Jannah Sidoarjo peneliti menemukan suatu fakta lapangan, yakni kegiatan yang dilakukan di dalam kelas terlalu monoton dan cenderung membosankan, guru terlalu menuntut anak-anak untuk belajar dan metode pembelajaran yang digunakan juga tanpa unsur bermain bahkan tidak sama sekali. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode permainan bisik berantai, untuk mendeskripsikan pengaruh metode permainan bisik berantai terhadap sikap nasionalisme di kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan quasi-experimental yang merupakan suatu metode pengembangan dari true-experimental. Subyek penelitian ini terdiri dari 42 anak yang terbagi menjadi 2 kelas, yakni satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keterlaksanaan pembelajaran menggunakan rata – rata skor, analisis peningkatan sikap nasionalisme menggunakan n- gain dan uji t-berpasangan. Keterlaksanaan pembelajaran dengan metode permainan bisik berantai untuk meningkatkan sikap nasionalisme di TKM NU 74 Roudlotul Jannah Sidoarjo dapat terlaksana dengan kategori sangat baik dan memiliki rekapitulasi hasil rata – rata keterlaksaan pembelajaran sebesar 82.5%. Adanya pengaruh pada metode permainan bisik berantai pada kelompok eksperimen yakni permainan bisik berantai dapat meningkatkan sikap nasionalisme anak ditunjukkan melalui nilai N-gain score sebesar 0.7714 dengan kategori tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahyuni, Alma'atusalmafahyu@gmail.comD99217056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlir-2022076802
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Pendidikan > Metode
Nasionalisme
Keywords: Metode permainan; Bisik berantai dan sikap nasionalisme.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Alma'atus Fahyuni
Date Deposited: 24 Jul 2021 05:37
Last Modified: 24 Jul 2021 05:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48852

Actions (login required)

View Item View Item