Problematika Santri Dalam Pembelajaran DARING (Dalam Jaringan) Masa Pandemi di Ma'had Al-Mubarokah MTSN 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Rice Mei Sinviani Rahmadi (2021) Problematika Santri Dalam Pembelajaran DARING (Dalam Jaringan) Masa Pandemi di Ma'had Al-Mubarokah MTSN 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rice Mei Sinviani Rahmadi Putri_D91217067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rice Mei Sinviani Rahmadi Putri, D91217067; Problematika Santri dalam Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Masa Masa Pandemi di Ma’had Al- Mubarokah MTsN 1 lamongan. Penelitian kali ini difokuskan pada problematika yang dihadapi santri dalam pembelajaran daring. Adapum tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran daring oleh santri Ma’had Al-Mubarokah MTsN 1 Lamongan, untuk mengetahui apa saja problematika yang dihadapi santri dalam pembelajaran daring di Ma’had Al-Mubarokah MTsN 1 Lamongan, serta untuk mengetahui bagaimana solusi yang dilakukan terhadap problematika yang terjadi pada pembelajaran daring santri saat berada di Ma’had Al-Mubarokah MTsN 1 Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif metode deskriptif dengan pengambilan data langsung dari lapangan. Dalam proses pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang pertama proses reduksi data, langkah yang kedua yaitu menyajikan data, dan yang terakhir menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran daring oleh santri ma’had al-Mubarokah MTsN 1 Lamongan dilakukan secara bersama-sama menggunakan gadjet oleh masing-masing santri dengan durasi waktu kurang lebih tiga jam dan dibantu pengawasan oleh ustadz-ustadzah ma’had. 2) Problematika yang dihadapi santri dalam pembelajaran daring di ma’had al- Mubarokah MTsN 1 Lamongan adalah keterbatasan waktu dalam penggunaan gadjet, problem yang kedua adalah kurangnya pemantauan dari ustad/ustadzah dalam pembelajaran daring sehingga menimbulkan kurangnya kedisiplinan santri, problem selanjutnya adalah materi yang diberikan sulit untuk dipahami, dan problematika yang terakhir adalah terkait jaringan dan kuota internet. 3) Solusi dari permasalahan pertama yaitu memberikan waktu tambahan kepada santri untuk mengerjakan tugas, memberikan pengawasan yang ketat saat proses pembelajran daring berlangsung serta memberi pemahaman kepada santri agar disiplin dalam belajar. Solusi dari problematika berikutnya, yakni kendala sinyal dan kuota adalah dengan memberikan akses wifi khusus dari wilayah ma’had itu sendiri minimal satu untuk wilayah santri putri dan satu untuk wilayah santri putra. Solusi terakhir dari problem pemberian materi yang kurang dipahami yakni sebaiknya para guru memberikan materi yang sudah dirancang menarik dan dengan penjelasan yang singkat, padat, namun jelas.
Kata Kunci : Problematika, Santri Ma’had, Pembelajaran Daring

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Rice Mei Sinviani Rahmadisinvianiricemei@gmail.comD91217067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorfahmi, muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Thesis advisorfaizin, Mohfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Santri
Keywords: Problematika; Santri Ma’had; Pembelajaran Daring.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rice Mei Sinviani Rahmadi Putri
Date Deposited: 24 Jul 2021 05:17
Last Modified: 24 Jul 2021 05:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48854

Actions (login required)

View Item View Item