Analisis siyasah dusturiyah terhadap Kewenangan Kementerian Hukum dan Ham berdasarkan Permenkumham Nomor 2 Tahun 2019 tentang penyelesaian Disharmoni Peraturan Perundang-Undangan Melalui Mediasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmana, Hanifatuz Zissa (2021) Analisis siyasah dusturiyah terhadap Kewenangan Kementerian Hukum dan Ham berdasarkan Permenkumham Nomor 2 Tahun 2019 tentang penyelesaian Disharmoni Peraturan Perundang-Undangan Melalui Mediasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanifatuz Zissa Rohmana_C94217044.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kewenangan Kementerian Hukum dan HAM dalam upaya penyelesaian disharmoni peraturan perundang-undangan melalui mediasi berdasarkan Permenkumham Nomor 2 Tahun 2019 adalah bersinggungan dengan kewenangan yang dimiliki oleh Mahkamah Agung yakni dalam hal pengujian peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang sesuai dengan bunyi pasal Pasal 9 ayat (2) UU Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan. Serta tidak menghiraukan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 56/PUU-XIV/2016 yang memberikan kekuasaan pengujian peraturan daerah kembali kepada Mahkamah Agung. Sementara itu dalam siyasah dusturiyah kementerian atau wazir tanfidh tidak memiliki kewenangan dalam menyelesaikan perkara hukum dan hanya mengurusi hal-hal yang bersifat administratif. Berdasarkan hasil penelitian di atas pemerintah dapat memaksimalkan mekanisme harmonisasi (executive review) untuk meminimalisir adanya disharmoni peraturan perundang-undangan dan melakukan simplifikasi peraturan yang tidak perlu atau bermasalah di internal kementerian/lembaga untuk mencegah overlapping (tumpang tindih) dan memangkas prosedur panjang yang bertele-tele.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmana, Hanifatuz Zissahanifaazr@gmail.comC94217044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohmad, Ahmad Khubby Aligoesbobby@gmail.com2020097801
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Kewenangan kementerian Hukum dan HAM
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Hanifatuz Zissa Rohmana rohmana
Date Deposited: 24 Jul 2021 07:37
Last Modified: 24 Jul 2021 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48856

Actions (login required)

View Item View Item