Perancangan kawasan Geopark Sumur Minyak Tua Wonocolo Kabupaten Bojonegoro dengan pendekatan Ecological Landscape Design

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faiqoh, Himatul (2021) Perancangan kawasan Geopark Sumur Minyak Tua Wonocolo Kabupaten Bojonegoro dengan pendekatan Ecological Landscape Design. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Himatul Faiqoh_H03217006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam sepuluh tahun terakhir menurunnya kualitas lingkungan yang di sebabkan oleh aktivitas pertambangan semakin memburuk. Seperti yang terjadi pada kawasan geopark Sumur Minyak Tua Wonocolo. Pencemaran lingkungan yang didominasi oleh tumpahan minyak mentah hingga mencapai level kedalaman tertinggi yaitu 0-30 cm. hal tersebut juga tentunya berimplikasi terhadap factor kesuburan tanah, air serta suhu udara. Beberapa hal telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengembangkan kaasan tersebut, namun tidak mendapat respon yang baik. Menanggapai isu tersebut, kawasan ini akan ditrencanakan menjadi destinasi wisata geologi (geowisata) berbasis pertambangan. Dalam hal ini pemerintah akan bekerja sama dengan PT. Pertamina untuk merealisasikan rencana tersebut. Penggunaan pendekatan Ecological Landscape Design dalam perancangan ini, sebagai upaya merevitalisasi kawasan. Sehingga dapat tercipta sebuah kawasan wisata geologi yang ramah lingkungan, serta menjadi pilihan edukasi terkait pertambangan minyak. Pemahaman konteks dan sekitar keseluruhan eksisting site sangat ditekankan sehingga dapat melahirkan desain yang menyesuaikan eksisting, kebutuhan pengembangan, serta potensi dan kapasitas lingkungan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faiqoh, Himatuliqofaiqo11@gmail.comH03217006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyari’ah, Arfianiarfianisyariah@gmail.com2027028302
Thesis advisorPrianto, Khusnulkusnul_prianto@uinsby.ac.id,2002047903
Subjects: Arsitektur
Keywords: Geopark; Wonocolo Old Oil Well; Wonocolo Bojonegoro; Geotourism; Bojonegoro Geopark; Ecological Landscape Design.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: HIMATUL FAIQOH
Date Deposited: 04 Aug 2021 14:54
Last Modified: 04 Aug 2021 14:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48857

Actions (login required)

View Item View Item