Pengaruh Dakwah Gus Baha di Youtube tentang toleransi terhadap non muslim di Kecamatan Mojoagung dalam Perspektif Fenomenologi Alfred Schutz

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Karina Khoirun (2021) Pengaruh Dakwah Gus Baha di Youtube tentang toleransi terhadap non muslim di Kecamatan Mojoagung dalam Perspektif Fenomenologi Alfred Schutz. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Karina Khoirun Nisa_E01217012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berbicara tentang toleransi beragama pada masyarakat Non Muslim di Kecamatan Mojoagung, setiap umat beragama pasti memiliki sikap yang berlapang dada terhadap perbedaan orang lain, baik masalah pendapat agama, kepercayaan atau dari segi sosial, ekonomi dan juga politik. Peneliti lebih memilih untuk meneliti di Kecamatan Mojoagung karena pada dasarnya masyarakatnya sudah banyak yang mengenal Gus Baha, bahkan bukan hanya dikalangan Muslim saja melainkan Non Muslim pun juga banyak yang mengenal sosok Gus Baha. Dalam ceramahnya Gus Baha juga banyak menyinggung tentang toleransi beagama yang mana masyarakat Non Muslim tidak pernah mengetahui sebelumnya, tetapi dengan mendengarkan ceramahnya banyak perubahan yang dialami oleh masyarakat Non Muslim di Kecamatan Mojoagung ini. Salah satu pengaruh yang didapat ialah interaksi sosial, yang mana sekarang masyaraktnya dapat membangun relasi sosial antar umat beragama dengan baik. Dalam hal ini peneliti ingin lebih fokus pada teori fenomenologi, yang mana teori ini lebih cenderung kepada hehidupan sosial masyarakat. Dalam teori ini peneliti juga mengambil salah satu tokoh fenomenologi, yaitu Alfred Schutz. Dalam teorinya Alfred Schutz ini terdapat dua hal yang dapat membantu menyelesaikan penelitian ini, Pertama, Aspek Pengetahuan Sosial, Kedua, Aspek Tindakan. Alfred Schutz mengatakan bahwa esensi dari pengetahuan yang terdapat dalam kehidupan sosial merupakan sebuah akal sebagai alat kontrol dari kesadaran manusia dalam kehidupan keseshariannya. Karena menurut Alfred Schutz akal ialah sesuatu sensorik yang murni dengan melibatkan pendengaran serta penglihatan yang selalu disertai dengan pemikiran serta segala aktivitas yang dilakukan dengan kesadaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Karina Khoirunkarinakholaqna@gmail.comE01217012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafi.sahal@yahoo.co.id2013086001
Subjects: Agama
Dakwah > Dakwah - Media
Toleransi
Keywords: Toleransi Beragama; Masyarakat Non Muslim; Gus Baha; Fenomenologi Alfred Schutz.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Karina Khoirun Nisa
Date Deposited: 24 Jul 2021 07:11
Last Modified: 24 Jul 2021 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48858

Actions (login required)

View Item View Item