Menumbuhkan karakter kepedulian sosial : kajian living hadis riwayat Abu Dawud 4946 di Madrasah Sunan Kalijaga Desa Larangan Luar Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasyriyah, Ifadah (2021) Menumbuhkan karakter kepedulian sosial : kajian living hadis riwayat Abu Dawud 4946 di Madrasah Sunan Kalijaga Desa Larangan Luar Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ifadah Nasyriyah_E95217055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Karakter seseorang tidak tumbuh secara instan sekaligus, melainkan butuh pengajaran yang bertahap dan berkesinambungan. Penelitian ini membahas tentang bagaimana pendidikan karakter di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga khususnya tentang kepedulian terhadap sesama. Karena hubungan sosial antar sesama manusia juga menjadi salah satu tugas sekolah untuk mendidik dan menumbuhkan karakter yang baik pada diri peserta didik. Penelitian ini juga berhubungan dengan hadis Riwayat Abu> Da>wud nomor indeks 4946 tentang anjuran saling membantu dan meringankan beban orang lain. Hadis ini menjadi pedoman Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga dalam pendidikan karakter.Tiga pertanyaan dalam penelitian diajukan sesuai dengan tujuan penelitian tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif, sedangkan metode pengumpulan data pertama yaitu dengan takhrij al-hadis, i’tibar al-hadis, kritik sanad dan juga matan hadis. Pengumpulan data kedua yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode guru dalam menumbuhkan karakter kepedulian sosial siswa berbeda-beda tiap individu, setiap guru memiliki kekhasan masing-masing baik secara verbal maupun non-verbal. Program yang dilakukan beragam, praktek setiap kegiatan kepedulian sosial juga berbeda-beda. Namun tetap saja pada intinya sesuai dengan kandungan hadis yang telah menjadi acuan sekolah tentang keshalehan sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasyriyah, Ifadahifadahnasyriyah@gmail.comE95217055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasan, Muzaiyyanah Mu'tasim--195812311997032001
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan Karakter; Hadis Riwayat Abu Dawud.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: ASRI Ifadah Nasyriyah
Date Deposited: 24 Jul 2021 14:39
Last Modified: 24 Jul 2021 14:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48860

Actions (login required)

View Item View Item