Aspek-aspek simulacra dalam pesan dakwah Yazid Bin Abdul Qodir Jawaz di media Ssosial perspektif Jean Baudrillard

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Indah Dwi (2021) Aspek-aspek simulacra dalam pesan dakwah Yazid Bin Abdul Qodir Jawaz di media Ssosial perspektif Jean Baudrillard. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Dwi Safitri_E01217010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pesan dakwah Yazid bin Abdul Qodir Jawaz di media sosial dengan analisis Simulacra Jean Baudrillard. Pengetahuan tentang pesan dakwah Yazid binAbdul Qodir Jawaz di media yang terkenal dengan purifikasi Islam akan dihubungkan dengan simulacranya Jean Baudrillard. Skripsi ini akan menjawab dua pertanyaan yaitu: pertama, bagaimana pesan dakwah Yazid bin Abdul Qodir Jawaz di media sosial? Kedua, bagaimana analisa dakwah Yazid bin Abdul Qodir Jawaz menurut teori Simulacra Jean Budrillard? Penelitian ini metode kualitatif. Data didapatkan dari bahan pustaka yang siknifikan dengan tema peneliti seperti jurnal, buku dan data yang bersangkutan dengan peneliti yaitu media sosial You Tube. Selanjutnya data-data tersebut dibaca dan disuguhkan secara deskriptif analitis. Hasil dari skripsi ini menunjukan yang pertama, dakwah Yazid bin Abdul Qodir Jawaz di media sosial menggedepankan purifikasi Islam: pesan dakwah kembali ke al-Qur”an dan Hadis, anti bi’dah dan khurafat dan mengamalkan ajarkan nabi. Kedua, Simulacra dalam Jean Baudrillard ialah dunia yang terbentuk dari copyan realitas yang menjadi acuan melebihi realitas asli. Baudrillard salah satu tokoh filsuf yang mengkaji modernitas. Maka dari permasalah di atas memiliki 3 tipologi dalam media sosial tentang dakwah Yazid bin Abdul Qodir Jawaz. Tipologi yang pertama, masyarakat yang masih baru mengenal Islam. Tipologi yang kedua mayarakat yang dibuat ambigiutas. Tipologi ketiga terciptanya simulasi dalam media sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Indah DwiFitriaalkausar261@gmail.comE01217010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimahzumi@uinsby.ac.id2115048201
Subjects: Dakwah
Keywords: Simulacram; Dakwah Salafi dan Media sosial.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: INDAH DWI SAFITRI
Date Deposited: 25 Jul 2021 08:09
Last Modified: 25 Jul 2021 08:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48868

Actions (login required)

View Item View Item