Kajian tematik tentang hadis-hadis pertemanan perspektif psikologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdausiyah, Jaudatul (2021) Kajian tematik tentang hadis-hadis pertemanan perspektif psikologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jaudatul Firdausiyah_E95217058.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pertemanan adalah hubungan antara seseorang dengan orang lain yang saling mengenal satu sama lain. Hubungan ini dapat tercipta karena beberapa hal, bisa melalui media sosial, melalui hubungan keluarga, tanpa sengaja bertemu disuatu tempat, atau melalui sebuah organisasi atau lingkungan. Namun pada umumnya teman yang sesungguhnya di dapat melaui lingkungan sekitar atau lingkungan sekolah. Baik itu ketika masa sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Namun dalam hubungan pertemanan yang lebih dekat kita juga perlu berhati-hati dan memilih dengan siapa kita berteman. Karena teman bisa saja menyebabkan/menimbulkan hal-hal buruk yang tidak kita sadari sehingga berdampak negative dan merugikan yang sering disebut dengan istilah toxic relationship. Oleh karena itu untuk meminimalisir permasalahan pada hubungan pertemanan, peneliti mengkaji tentang pertemanan yang menggunakan perspektif psikologi. Dan dalam ilmu psikologi hubungan pertemanan masuk dalam ilmu psikologi sosial yang membahasa mengenai hubungan manusia dengan manusia lainnya. Dalam kajian ini akan meneliti tentang pertemanan yang disajikan melalui hadis-hadis tersebut yang dikumpulkan pada satu tema. Hadis-hadis Nabi SAW tersebut kamudian akan dikaji dari segi kualitas, kehujjahan, makna dan implikasinya. Tujuan dalam kajian ini yaitu untuk mengetahui kualitas hadis-hadis Nabi SAW tentang pertemanan dan juga untuk mengetahui apa saja konsep pertemanan dalam hadis nabi serta untuk mengetahui pandangan-pandangan umum dari psikologi terkait pemaknaan hadis tersebut. Adapun manfaat dari penelitian ini untuk memperingatkan dan mencegah hubungan-hubungan pertemanan yang tidak sehat dan merugikan dengan cara memilih pertemanan yang ideal. Dalam menjawab kajian ini, peneliti menggunakan beberapa metodologi penelitian. Adapun model penelitian dalam kajian ini menggunakan metode kualitatif untuk menggungkapkan fakta-fakta dalam narasi verbal. Sedangkan metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan dalam analisisnya juga menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan dan menganalisis data. Teknik pengumpulan data hadis diperoleh melaui kajian kepustakaan dengan memaparkan hadis-hadis Nabi SAW yang setema yaitu tentang pertemanan. Kesimpulan dari kajian ini yaitu hadis-hadis tentang pertemanan bersatus s}ah}ih meskipun terdapat satu hadis yang sanadnya bersatus hasan, namun tidak ada masalah dalam periwayatannya. Dan konsep pertemanan dalam hadis nabi ada 4 poin yaitu memilih dalam sebuah pertemanan, pertemanan saling peduli, pertemanan yang mengarah pada hal-hal baik dan pertemanan tidak saling curiga dan saling menjaga rahasia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdausiyah, Jaudatuludajaudah31@gmail.comE95217058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasan, Muzaiyyanah Mu'staim--195812311997032001
Subjects: Konflik sosial
Psikologi
Hadis
Keywords: Pertemanan; Psikologi; Hadis Nabi SAW.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Jaudatul Firdausiyah
Date Deposited: 24 Jul 2021 13:37
Last Modified: 24 Jul 2021 13:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48872

Actions (login required)

View Item View Item